Pengawas Persaingan Usaha Jerman Setujui Akuisisi Vossloh Oleh CRRC

Lokomotif Eurolight buatan Vossloh | Foto: Railjournal

[28/4] Rencana akuisisi pabrikan lokomotif asal Jerman, Vossloh, oleh pabrikan kereta api Tiongkok, CRRC, semakin mendekati kenyataan. Proposal akuisisi Vossloh Locomotive GmBH yang diajukan oleh CRRC Zhuzhou Locomotive disetujui oleh Badan Pengawas Persaingan Usaha Jerman atau Bundeskartellamt.

Seperti dilansir dari Railway Gazette, Presiden Bundeskartellamt Andreas Mundt mengatakan pihaknya telah selesai mengevaluasi seluruh proses akuisisi sejak pengumuman pembelian Vossloh oleh CRRC pada Agustus 2019 lalu.

Dengan disetujuinya pembelian ini maka CRRC kini bisa mengambilalih manufaktur lokomotif langsir di Eropa. Meski demikian Andreas mengatakan pihaknya akan mengawasi sejumlah kebijakan untuk menjaga persaingan usaha antar perusahaan manufaktur lokomotif di Eropa tetap berjalan dengan sehat.

Seperti ancaman penjualan dengan harga yang terlalu murah serta kebijakan dumping sebagai hasil dari akuisisi ini. Lebih jauh lagi akuisisi sangatlah menguntungkan bagi CRRC karena dapat mendirikan pabrik perakitan di Eropa di masa yang akan datang. Meski demikian Andreas mengatakan hal tersebut bukanlah alasan bagi Bundeskartellamt untuk melarang akuisisi ini.

Dalam survei yang dilakukan diketahui bahwa para pesaing berharap akuisisi ini dapat mengubah peta persaingan dalam bisnis manufaktur lokomotif di Eropa mengingat CRRC memiliki akses ke sumber pengembangan teknologi yang kaya.

Bundeskartellamt sendiri melihat kecil kemungkinan terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat dalam bidang manufaktur lokomotif langsir.

Seperti diketahui dalam beberapa tahun ke belakang Vossloh mengalami kerugian yang sangat besar. Masuknya pabrikan lain seperti Stadler, Alstom, dan Toshiba yang memiliki keunggulan dalam hal teknologi serta pasar lokomotif langsir yang beralih dari lokomotif diesel ke hybrid membuat Vossloh semakin tersungkur.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: