Berita KAInternasionalKereta Api

India Sertifikasi Lokomotif Listrik 9000 HP

Lokomotif WAG-9HH nomor seri 90002 | Foto: Railway Gazettte

[11/5] Sebuah lokomotif elektrik 9000 HP WAG-9HH buatan Chittaranjan Locomotive Works (CLW) telah disertifikasi untuk operasi hingga 100 km/h. Sertifikasi ini terbit setelah Reserarch Design & Standard Operations (RDSO) melakukan uji osilasi dan pengereman darurat. Lokomotif ini direncanakan akan digunakan untuk menarik barang.

Dilansir dari Railway Gazette, lokomotif WAG-9HH dibuat berbasis lokomotif WAG-9H, namun dengan daya ditingkatkan dari 6000 HP menjadi 9000 HP. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performansi dan kapasitas lintas dengan memungkinkan rangkaian yang lebih berat untuk ditarik. Selain itu, dilansir dari Railpost India, peningkatan daya ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di lintas barang Western Dedicated Freight Corridor.

Biaya untuk WAG-9HH ini adalah 110 juta Rupee (21,7 miliar Rupiah). 10 juta Rupee (1,98 miliar Rupiah) lebih mahal dari lokomotif WAG-9H. Di samping itu, Chittaranjan Locomotive Works juga sedang mengerjakan lokomotif WAP-7 versi 9000 HP untuk keperluan penumpang. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×