Kereta Cepat Diperpanjang ke Surabaya Via Purwokerto dan Yogyakarta

Ilustrasi Rangkaian CR400AF yang rencananya akan digunakan sebagai armada kereta cepat Jakarta - Bandung | Foto: Railjournal
Ilustrasi Rangkaian CR400AF yang rencananya akan digunakan sebagai armada kereta cepat Jakarta – Bandung | Foto: Railjournal

[10/5] Proyek kereta cepat yang saat ini sedang dibangun antara Jakarta-Bandung direncanakan akan diperpanjang hingga Surabaya. Namun perpanjangan kereta cepat ini direncanakan akan dilakukan melalui lintas selatan yaitu Purwokerto dan Yogyakarta.

Seperti dilansir dari Kumparan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan pemilihan lintas selatan adalah untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi di Jawa bagian selatan. Yaitu daerah Garut, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, hingga Solo. Selain itu, ia juga memperhatikan transfer teknologi dari Tiongkok ke Indonesia agar kereta cepat ini dapat dioperasikan sendiri oleh Indonesia.

Menhub pun juga optimis target penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan tetap selesai tepat waktu 2021. Ia mengatakan tenaga kerja lokal masih bisa dan banyak yang mampu mengerjakan proyek ini. Saat ini menurut Menhub, progres pengerjaan proyek kereta cepat sudah mencapai 44%. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: