JR East Rilis Desain Rangkaian E131

Render desain rangkaian E131 yang dirilis JR East | Tetsudo Shimbun

[12/5]. JR East merilis render desain rangkaian JR E131 pada Selasa (12/5). Rangkaian ini rencananya akan beroperasi di tiga jalur yakni Jalur Uchibo (seksi Kisarazu – Awa Kamogawa), Jalur Sotobo (seksi Kazusa Ichinomiya-Abo Kamogawa), dan Jalur Kashima (seksi Sahara-Kashima Jingu) menggantikan seri 209.

Jika dilihat dari desainnya, rangkaian ini terlihat seperti versi modern dari seri 701 di mana jendela menutupi separuh bagian muka kereta kereta dan dipisahkan oleh pintu tengah. Hanya bedanya lampu depan tidak ditempatkan di atas pintu tengah dan lampu semboyan 21 di bagian bawah kereta melainkan keduanya ditempatkan di pojok kanan dan kiri atas muka kereta. Bagian bodinya sendiri didesain seperti rangkaian E235.

Interior kereta didesain seperti E235. Hanya bedanya bangku penumpang dibuat menyamping di dekat pintu dan berhadapan di tengah jendela. Bangku prioritas yang biasanya ada di pojok KRL dihilangkan pada rangkaian ini dan digantikan oleh ruang kursi roda dan toilet yang ramah disabilitas.

Desain interior seri E131 | rilis JR East / Railway Pressnet

Kamera pengawas dipasang di setiap kereta untuk menjaga keamanan selama perjalanan. Rangkaian ini juga nantinya dilengkapi dengan peralatan seperti kaca spion untuk mendukung layanan operasional satu orang atau one man service.

Tak hanya dari segi desain, rangkaian ini juga dirancang bisa mengangkut penumpang lebih banyak dari seri 209. Bodi kereta memiliki lebar 2950 mm yang itu artinya seri ini memiliki bodi lebih lebar 150 mm dari seri 209. Sehingga kursi kereta E131 bisa dibuat 10 mm lebih lebar dari pendahulunya.

Rangkaian ini nantinya akan menggunakan sistem kendali VVVF inverter menggunakan elemen SiC. Motor kereta menggunakan sistem induksi tertutup untuk mengurangi konsumsi listrik.

Rencananya sebanyak 24 unit kereta atau 12 set formasi 2 kereta E131 akan diproduksi dan rangkaian pertama akan mulai beroperasi pada 2021 mendatang.(RED/BTS)

Tetsudo Shimbun | Railway Pressnet

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: