Tobu Railway Beli Lokomotif Uap Eks Yubetsu Railway Untuk Wisata

Lokomotif C11 eks Yubetsu Railway yang dibeli Tobu Railway untuk keperluan wisata saat diangkut dari Hokkaido | Foto: Japantimes

[3/5] Yubetsu Railway adalah perusahaan kereta api pengangkut tambang di Hokkaido yang telah tutup 50 tahun lalu. Di masa jayanya, perusahaan ini mengangkut batu bara di Kushiro, Hokkaido timur, dan beroperasi sejak 1923 hingga 1970. Kini, salah satu lokomotifnya telah dibeli oleh Tobu Railway untuk dijadikan wahana wisata.

Seperti yang dilansir dari Japantimes, lokomotif ini dibeli dengan harga sekitar 4 juta Yen. Lokomotif dengan seri C11 ini sebelumnya digunakan oleh Yubetsu Railway pada tahun 1957-1970. Saat ini lokomotif ini sedang direstorasi di sebuah depo di Prefektur Saitama setelah sebelumnya lama disimpan di Ebetsu dekat Sapporo. Rencananya, proses restorasi ini akan rampung menjelang akhir tahun ini.

Setelah direstorasi, lokomotif ini rencananya akan digunakan sebagai angkutan wisata di lintas Tobu Kinugawa, menghubungkan Tokyo dengan resor pemandian air panas di Kinugawa, Prefektur Tochigi. Rencana ini tentu saja mengundang antusiasme mantan masinis yang dahulu pernah membawa lokomotif ini. Seperti misalnya Tatsuo Shibata, 88, yang mengenang kembali betapa meriahnya saat ia menjalankan kereta api di Yubetsu Railway untuk terakhir kalinya. Ataupun Eisaku Kenmochi, 91, yang mengenang betapa bahagianya ketika lokomotif diesel masuk ke Yubetsu Railway menggantikan banyak kereta yang telah rusak. Ia juga mengatakan jika lokomotif ini beroperasi kembali, ia ingin menyaksikannya melaju di lintas, atau malah mengemudikannya kembali. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: