12 Juni KAI Operasikan Kembali Layanan KA Jarak Jauh

KA Sritanjung , salah satu KA jarak jauh yang beroperasi kembali

[10/6]. Setelah sebulan lebih dihentikan operasionalnya, KAI akan kembali mengoperasikan layanan KA jarak jauh, menengah, lokal, dan sejumlah KA komuter lainnya pada Jumat (12/6) besok. Hal tersebut disampaikan dalam rilis resmi KAI yang dikutip pada Rabu (10/6).

Dalam rilisnya perjalanan KLB COVID akan dihentikan dan sejumlah perjalanan KA jarak jauh akan dibuka secara bertahap.

Nantinya akan ada 11 KA jarak jauh, menengah, lokal, dan komuter dengan total 37 perjalanan yang kembali beroperasi. KA tersebut di antaranya adalah Ranggajati, Sancaka, Maharani, Kahuripan, Sritanjung, Tawangalun, Probowangi, Kaligung, Prameks, Lokal Bandung Raya, dan Lokal Cibatu.

Untuk kapasitasnya sendiri lebih banyak dari sebelumnya yakni 70 persen dari kapasitas angkut dan akan dinaikan hingga 80 persen secara bertahap. Kecuali untuk kelas Luxury kereta dapat mengangkut penumpang dengan kapasitas penuh atau 100 persen.

Pembelian tiket dapat dilakukan melalui website KAI, aplikasi KAI Access, atau merchant dan channel online mulai 7 hari sebelum keberangkatan dan 3 hari sebelum keberangkatan di loket. Sejumlah aturan diberikan untuk penumpang yang hendak naik ke kereta.

Pemesanan tiket yang telah dibuka di KAI Access.

Saat boarding selain menunjukan identitas, penumpang juga diwajibkan menunjukan hasil test PCR dengan hasil negatif yang berlaku selama 7 hari sejak tanggal tes. Jika di daerah asalnya tidak tersedia tempat tes PCR, penumpang harus menunjukan surat keterangan bebas influenza dari dokter atau puskesmas. Sementara face mask disediakan KAI dan wajib dikenakan selama perjalanan.

Untuk warga DKI Jakarta diharuskan menunjukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Saat masuk, penumpang akan dicek suhu badannya. Jika lebih dari 37,3 derajat celcius penumpang tidak diperbolehkan naik dan tiket akan dikembalikan 100 persen.

Penumpang juga diwajibkan menggunakan masker dan menggunakan jaket atau baju lengan panjang saat hendak naik kereta.(RED/BTS)

Update: KAI akan mengoperasikan KA Serayu pada 12 Juni mendatang

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: