Mulai 8 Juni Anak-Anak Dilarang Naik Commuter Line dan Lansia Hanya Boleh Naik Pada Siang Hari

Anak-anak usia PAUD dan TK saat menaiki Commuter Line | JawaPos

[2/6] KCI menerbitkan himbauan untuk penumpang anak-anak untuk tidak bepergian dan pembatasan orang lanjut usia atau lansia untuk menggunakan Commuter Line. Hal tersebut disampaikan Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba.

Seperti dilansir dari Kumparan, Anne menjelaskan untuk anak-anak usia 5 tahun ke bawah dilarang untuk bepergian menggunakan Commuter Line untuk sementara waktu. Sedangkan untuk lansia hanya diperbolehkan naik di luar jam sibuk yakni dari pukul 10:00 hingga pukul 14:00 WIB.

View this post on Instagram

#RekanCommuters , mulai 8 Juni 2020 akan berlaku sejumlah aturan tambahan dalam menggunakan KRL. Untuk sementara, anak-anak dan adik-adik kita yang berusia di bawah lima tahun (balita) akan dilarang naik KRL, sedangkan bagi orang tua kita yang sudah masuk kelompok lanjut usia diatur untuk menggunakan KRL hanya pada waktu-waktu di luar jam sibuk. Aturan ini dibuat untuk meminimalisir risiko bagi kelompok yang sangat rentan terhadap Covid-19, yaitu lanjut usia atau mereka yang telah berumur enam puluh tahun atau lebih. Mengingat adanya potensi kepadatan pengguna KRL pada jam sibuk, maka bagi lansia hanya diizinkan untuk naik KRL pada pukul 10:00 hingga 14:00 WIB. Sementara anak-anak balita selain cukup berisiko juga tidak memiliki kepentingan mendesak untuk keluar dari rumah dan menggunakan transportasi publik termasuk KRL di tengah situasi pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, balita akan dilarang sementara menggunakan KRL. Meskipun demikian, bila ada kepentingan yang sangat mendesak bagi balita maupun lansia untuk naik KRL antara lain untuk mendapat perawatan medis rutin ke Rumah Sakit, maka dapat berkomunikasi dan menjelaskan keperluan tersebut kepada petugas di stasiun. Mohon informasi ini dapat disampaikan juga kepada anak-anak, adik-adik, dan para orang tua kita, Rekan Commuters #CovidSafeBUMN #newnormal #BUMNlawanCorona #BUMNUntukIndonesia #KCIlawanCorona

A post shared by Kereta Commuter Indonesia (@commuterline) on

Pelarangan untuk anak-anak usia 5 tahun ke bawah dilakukan mengingat resiko tertular COVID-19 cukup tinggi. Sedangkan untuk lansia pembatasan dilakukan untuk menghindarkan mereka dari berdesakan di saat jam sibuk yang memperbesar resiko tertular COVID-19.

Meskipun demikian, KCI memberi keringanan pada anak di bawah 5 tahun untuk naik Commuter Line serta lansia untuk naik di jam sibuk jika terdapat keperluan yang mendesak semisal perawatan medis rutin di rumah sakit. Orang tua dari si anak ataupun lansia cukup menjelaskan keperluannya kepada petugas yang berjaga di stasiun.

Anne juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak bepergian kecuali memiliki keperluan yang benar-benar mendesak.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: