Sebuah KA Barang Anjlok dan Terbakar di Tempe, Arizona

Jembatan yang terbakar hebat akibat anjlokan KA barang | Foto: AZ Family

[30/7] Sebuah kecelakaan KA yang cukup serius terjadi di kota Tempe, Arizona, Amerika Serikat pada Rabu (29/7) kemarin. Rangkaian KA barang milik Union Pacific anjlok hingga terbakar dan meruntuhkan sebagian jembatan Salt River.

Dilansir dari AZ Family, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 6.15 pagi waktu setempat. Juru Bicara Union Pacific Tim McMahan mengatakan sebanyak 10 gerbong barang anjlok hingga terbakar dan meruntuhkan sebagian sisi selatan jembatan. Api tampak membakar seluruh bentang jembatan, dan asap dari kebakaran ini disebutkan tampak dari bermil-mil jauhnya.

Selain membakar jembatan, api ini juga membakar beberapa gerbong yang mengangkut kayu. Beberapa dari gerbong ini kemudian jatuh ke dalam danau.

Pejabat kota Tempe menyebutkan salah satu gerbong juga mengangkut bahan kimia sikloheksanon yang mudah terbakar. Kru Hazmat (Hazardous Materials) menempatkan lapisan busa di atas gerbong untuk menjaganya tetap dingin dan mencegah uap kimia. Sebagian bahan kimia ini bocor ke saluran pembuangan yang bermuara ke sungai di sebelah barat. Para kru juga mencoba menghentikan kebocoran bahan kimia ini. Selain itu terdapat dua gerbong lain yang membawa bahan kimia, tetapi dianggap tidak berbahaya.

Walikota Tempe mengatakan EPA (Environmental Protection Agency) saat ini sedang memonitor kualitas udara, namun disebutkan tidak ada risiko. Departemen Kualitas Lingkungan Arizona juga mengeluarkan pernyataan yang serupa.

Anjlokan dan kebakaran ini juga mengganggu layanan LRT Valley Metro. Dalam Twitter resminya mereka mengatakan pelayanan arah timur diberhentikan di 50th Street dan Washington Street, sedang arah barat diberhentikan di Smith Martin/Apache Boulevard. Layanan bus pengganti pun disediakan untuk mengatasi ini.

Beruntung awak kereta seluruhnya selamat. Namun ada dua orang yang salah satunya pemadam kebakaran harus dirawat karena menghirup asap.

Peristiwa anjlokan ini disebutkan oleh Juru Bicara Union Pacific telah kedua kalinya terjadi dalam sebulan ini. Pada 26 Juni lalu terjadi anjlokan di jembatan yang sama yang melibatkan 12 gerbong. Anjlokan ini menimbulkan kebakaran kecil dan kerusakan penambat rel. Namun jalur ini dapat diperbaiki dan dibuka kembali sekitar 48 jam setelahnya. (RED/IHF)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×