Enam Unit KRDE Buatan Jepang Tiba di Myanmar

KRDE pesanan Myanmar dari Jepang saat diturunkan dari kapal di Pelabuhan Thilawa | Foto: GNLM

[7/9] Sebanyak 6 unit Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) buatan Jepang tiba di Pelabuhan Thilawa, Myanmar pada Kamis (4/9) kemarin. Lain halnya dengan KRD yang sudah beroperasi di Myanmar yang merupakan kereta bekas, KRDE ini merupakan kereta baru.

KRDE yang diberi nomor seri 1000 ini dibuat oleh pabrikan Niigata Transys pada tahun 2019 lalu. Seperti dilansir dari GNLM, rangkaian KRDE ini memiliki kapasitas angkut 36 tempat duduk untuk kelas atas dan 60 tempat duduk untuk kelas biasa. Rangkaian KRDE ini juga dilengkapi dengan pendingin udara dan toilet.

Tampak interior KRDE kelas biasa | Foto: Thant Zin
Tampak interior KRDE kelas atas | Foto: Thant Zin

Menurut informasi yang diperoleh dari grup penggemar kereta api di Myanmar, satu rangkaian KRDE terdiri atas 6 kereta di mana dalam satu rangkaian memiliki susunan MC1-M-Ms-Ms-M-MC2.

Rangkaian dikirimkan dari Jepang pada tanggal 21 Agustus 2020 melalui jalur laut dari Pelabuhan Niigata. Sesampainya di Pelabuhan Thilawa, rangkaian diangkut dengan truk menuju Stasiun Yayni untuk dinaikan ke atas rel untuk selanjutnya dibawa ke dipo dengan ditarik menggunakan KRD.

Pengimporan KRDE dari Jepang ini merupakan bagian dari proyek revitalisasi jalur antara Yangon dan Mandalay. Rencananya sebanyak 6 rangkaian atau 36 unit KRDE akan diimpor.

KRDE ini dapat dipacu hingga kecepatan 100 km/jam sehingga diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh antar kedua kota menjadi hanya 8 jam saja.

Selain juga diharapkan hadirnya KRDE ini dapat membuat perjalanan penumpang lebih nyaman serta membuat angkutan logistik jadi lebih cepat.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: