Singapura Beli 40 Rangkaian KRL Untuk MRT North-South dan East-West

Desain rangkaian MRT baru yang dibeli Land and Transit Authority (LTA) Singapura | Foto: Strait Times

[29/9] Land and Transit Authority (LTA) Singapura umumkan pembelian 40 rangkaian KRL baru untuk layanan MRT North-South dan East-West pada Senin (28/9) kemarin. Pembelian rangkaian senilai 337,8 juta Dollar Singapura ini dilakukan untuk menggantikan rangkaian generasi 2 dan 3 buatan Siemens dan Kawasaki-Nippon Sharyo yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun setelah 20 tahun beroperasi.

Seperti dilansir dari Strait Times, nantinya rangkaian baru ini akan diproduksi oleh Bombardier. Jauh sebelum pembelian yang dilakukan sekarang, Bombardier juga diberi kontrak untuk menyuplai 66 rangkaian rangkaian KRL baru untuk MRT di jalur yang sama pada 2018.

Itu artinya 106 dari 198 rangkaian KRL yang beroperasi di Jalur MRT North-South dan East-West diproduksi oleh Bombardier. Sedangkan sisanya diproduksi oleh pabrikan Jepang dan Tiongkok.

Desain interior rangkaian KRL baru yang dipesan LTA kepada Bombardier | Foto: Strait Times

Pihak LTA mengatakan alasan mengapa Pemerintah Singapura memilih Bombardier karena harganya yang murah. Dengan hanya membeli rangkaian dari satu perusahaan dapat menekan biaya pembelian serta menyederhanakan perawatan sehingga teknisi bisa tanggap jika terjadi gangguan.

Selain rangkaian KRL, Bombardier juga mendapatkan kontrak dengan SMRT untuk menyuplai suku cadang, dukungan teknis, serta pembaharuan atau penggantian pada rangkaian KRL selama 10 tahun. Rencananya rangkaian baru ini akan mulai beroperasi pada 2024 mendatang.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

√ó
%d blogger menyukai ini: