Deutsche Bahn Luncurkan Rangkaian ICE 4 Ke-50

Peresmian rangkaian ICE 4 “Metropole Ruhr” | Foto: Deutsche Bahn

[5/10] Operator KA Jerman Deutsche Bahn (DB) pada Jumat (2/10) baru saja meresmikan rangkaian kereta cepat ICE 4 ke-50 mereka. Rangkaian kereta cepat ini mereka beri nama “Metropole Ruhr”.

Dilansir dari rilis pers DB, acara peresmian ini dihadiri oleh Ronald Pofalla, Anggota Dewan Infrastruktur di DB, Hendrik Wüst, Menteri Perhubungan North Rhine-Westphalia, Michael Peterson, Ketua Angkutan Jarak Jauh DB, dan Michael Peter, CEO dari Siemens Mobility. Lukas Termath selaku pemenang sayembara juga hadir untuk menyaksikan peresmian ini.

Peresmian ini unik karena bukan pihak DB yang memberi nama rangkaian ini, tetapi masyarakat North Rhine-Westphalia dalam sayembara oleh stasiun radio WDR2. Terdapat sejumlah nama wilayah yang dijadikan pilihan untuk menamakan rangkaian ini, yaitu Niederrhein, Ostwestfalen-Lippe, Siegen-Wittgenstein, Bergisches Land, Eifel, Sauerland, Münsterland, Rhineland and the Ruhr Metropolis.

Pihak DB sendiri telah mengeluarkan investasi 8,5 miliar Euro dalam ekspansi armada jarak jauhnya. Mereka juga mengklaim pihaknya mempunyai kehadiran yang kuat di tengah kalangan North Rhine-Westphalia, di mana finishing ICE 4 dilakukan di pabrik Siemens Krefeld. Sedangkan proses ujicoba dilakukan di pusat ujicoba di Wegberg-Wildenrath. Kedua lokasi ini berada di North Rhine-Westphalia. Oleh karena ini, Direktur Infrastruktur DB Ronald Pofalla mengklaim nama “Metropole Ruhr” ini merepresentasikan North Rhine-Westphalia.

Secara keseluruhan DB menerima 137 rangkaian ICE 4 dalam berbagai konfigurasi. Selain 50 rangkaian stamformasi 12 kereta, juga terdapat rangkaian stamformasi 7 kereta yang akan digunakan pada pergantian Gapeka Desember mendatang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: