November, KRL Daop 6 Yogyakarta Ditargetkan Beroperasi

calon krl yogyakarta
Rangkaian KRL KfW saat sedang menjalani uji dinamis di Jakarta. KRL jenis inilah yang akan menjadi armada KRL Daop 6 Yogyakarta.

[5/10] Titik akhir penantian KRL beroperasi di Daop 6 Yogyakarta tampak semakin terang. Setelah pada 1 Oktober lalu ditugaskan mengelola KA Prameks, PT KCI (KAI Commuter) menargetkan operasional KRL di Daop 6 Yogyakarta dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Dilansir dari Kedualatan Rakyat Jogja, Direktur Utama KAI Commuter Wiwik Widayanti menerangkan pihaknya masih menyelesaikan pembangunan infrastruktur pendukung di stasiun. Disebutkan listrik aliran atas (LAA) pada Oktober ini sudah dipasang dari Yogyakarta sampai Klaten dan akan diperpanjang ke Solo. KAI Commuter menargetkan KRL sudah beroperasi pada November, atau kalau bisa akhir Oktober dari Yogyakarta hingga Klaten. Sedangkan dari Klaten hingga Solo ditargetkan akan beroperasi Desember.

Sementara ticketing untuk rute Prameks direncanakan akan menggunakan kartu ataupun dompet elektronik seperti di KRL Jabodetabek, tidak lagi seperti sekarang yang masih menggunakan tiket kertas. Dengan sistem ini pengguna jasa akan dapat menggunakan kartu ataupun dompet elektronik untuk masuk peron dan naik kereta jam berapa saja, tidak lagi harus sesuai waktu yang tertera. Di Jabodetabek sendiri sistem ini telah lama diterapkan dari 2013 silam.

Meskipun saat ini armada KA Prameks di Yogyakarta masih menggunakan KRD, Senior Manager Area Daop 6 Yogyakarta KCI Dedy Setiawan menjelaskan saat ini calon armada KRL untuk Yogyakarta telah diujicobakan di Jabodetabek. Tahapan ujicoba yang sedang dilakukan saat ini adalah endurance test atau ujicoba ketahanan untuk memastikan keandalannya. Ia mengharapkan kedepannya jangkauan KA komuter di wilayah ini bisa berkembang sampai Kutoarjo dan Kroya. (RED/IHF)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×