Kecepatan Shinkansen di Terowongan Seikan akan Ditingkatkan

Ilustrasi rangkaian Hokkaido Shinkansen Seri H5 | Foto: Sukhoi37, CC-BY-SA
Ilustrasi rangkaian Hokkaido Shinkansen Seri H5 | Foto: Sukhoi37, CC-BY-SA

[19/10] Setelah lama dibatasi hanya 160 km/jam, Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido) mengumumkan akan meningkatkan kecepatan Hokkaido Shinkansen di Terowongan Seikan menjadi 210 km/jam.

Dilansir dari Trafficnews, rencana peningkatan kecepatan ini akan dilakukan pada 31 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 mendatang. Peningkatan kecepatan ini dimungkinkan karena berkurangnya frekuensi KA barang yang biasa melintas di Terowongan Seikan, sehingga mengurangi kemungkinan Shinkansen dan KA barang saling berpapasan. Total ada 14 perjalanan Shinkansen yang ditarget untuk disesuaikan dengan peningkatan kecepatan ini. Sebagai informasi, Terowongan Seikan saat ini memang merupakan terowongan double gauge di mana KA barang dengan lebar sepur 1067 mm dan Shinkansen dengan lebar sepur 1435 mm sama-sama berbagi jalur.

Sebagai dampak dari peningkatan kecepatan ini, waktu tempuh tercepat dari Tokyo ke Shin-Hakodate Hokuto dapat dipangkas dari sebelumnya 4 jam 10 menit menjadi 3 jam 55 menit. Oleh karena ini juga, 11 jadwal Hakodate Liner yang menghubungkan Shin-Hakodate Hokuto dengan Hakodate juga akan disesuaikan.

Sebagai target jangka panjang, JR Hokkaido menargetkan akan menghubungkan Tokyo dengan Sapporo hanya dalam waktu 4 jam 30 menit. Hal ini dapat diwujudkan dengan rencana perkuatan viaduk dan peredam suara agar Shinkansen dapat beroperasi 320 km/jam dari Shin-Hakodate Hokuto hingga Sapporo. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: