JR East Akan Ujicoba Shinkansen Tanpa Masinis

Rangkaian Shinkansen E7 yang beroperasi di Jalur Joetsu Shinkansen | Tokyo Sakura / Wikimedia
Rangkaian Shinkansen E7 yang beroperasi di Jalur Joetsu Shinkansen | Foto: Tokyo Sakura, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[22/11] JR East mengumumkan pada 10 November lalu bahwa mereka akan menerapkan teknologi driverless (tanpa masinis) ke armada Shinkansen mereka. Penerapan teknologi ini dicanangkan sebagai bagian dari program Change 2027 mereka.

Dilansir dari Railway Gazette, sebuah rangkaian Shinkansen Seri E7 formasi 12 kereta akan digunakan untuk ujicoba sistem ini pada Oktober hingga November 2021 mendatang. Ujicoba ini akan dilakukan di bagian paling utara Joetsu Shinkansen yang tidak digunakan untuk angkutan penumpang reguler, yaitu segmen Stasiun Niigata-Depo Higashi-Niigata. Segmen sepanjang 5,75 km ini memiliki dua lengkungan tajam dan terletak paralel dengan Jalur Hakushin.

Tujuan dari dilakukan ujicoba ini adalah untuk mengumpulkan dan memverifikasi data yang dibutuhkan untuk operasi tanpa masinis. Terdapat empat aspek yang harus dipastikan pada perangkat Automatic Train Operation (ATO – Operasi KA Otomatis) untuk pengoperasian tanpa masinis, yaitu:

  • Kereta dapat diberangkatkan secara otomatis
  • Perlengkapan trackside dapat mengatur (mempercepat atau melambatkan) laju kereta
  • Perlengkapan ATO dapat menghentikan KA pada tempat tertentu
  • Rangkaian KA dapat diberhentikan dalam keadaan darurat secara terpusat

Selain itu, JR East juga mengeksplorasi potensi transmisi video dengan teknologi 5G untuk penggunaan di jaringan KA. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×