KRL Daop 6 Yogyakarta Jalani Ujicoba Hingga Stasiun Yogyakarta

KRL KfW di Jembatan Kewek
Rangkaian KRL KfW saat melintas Jembatan Kewek di Kota Yogyakarta menuju Stasiun Yogyakarta | Foto: Instagram @argodwipangga10

[21/11] Setelah sebelumnya ujicoba KRL di Daop 6 Yogyakarta telah dilakukan antara Klaten-Brambanan, ujicoba KRL ini diperpanjang hingga memasuki wilayah Kota Yogyakarta. Pada hari Rabu (18/11), ujicoba KRL diperpanjang hingga Stasiun Maguwo. Sedang pada hari Jumat (20/11), ujicoba KRL kembali diperpanjang hingga Stasiun Yogyakarta atau juga dikenal sebagai Stasiun Tugu.

Ujicoba KRL pada hari Rabu dilakukan dengan relasi Klaten-Brambanan-Maguwo. Sedangkan ujicoba KRL pada hari Jumat dilakukan dengan relasi Klaten-Maguwo-Yogyakarta. Pada ujicoba hari Rabu, KRL berjalan perlahan di segmen Brambanan-Maguwo. Sedang pada ujicoba hari Jumat KRL berjalan perlahan di segmen Maguwo-Yogyakarta.

KRL KfW di Stasiun Maguwo
Rangkaian KLB KRL KfW di Stasiun Maguwo pada Rabu (18/11) kemarin | Foto: Guritno Ristopo Parnada

Dengan dilakukannya ujicoba ini, maka seluruh listrik aliran atas lintas Klaten-Yogyakarta telah tersambung dan dapat digunakan. Akan tetapi belum ada keterangan resmi dari KAI kapan KRL Daop 6 Yogyakarta akan melayani penumpang. Dilansir dari Kompas, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menyebutkan peluncuran KRL baru akan dilakukan setelah tahap uji coba dianggap cukup dan memuaskan.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setiawan Sidik, ujicoba sampai Yogyakarta sedianya dilakukan pada tanggal 16 hingga 17 November kemarin. Disebutkan kala itu masih terdapat beberapa kendala prasarana seperti relokasi kabel Telkom dan PLN. Ia juga mengharapkan kelistrikan sudah dapat stabil pada awal tahun depan. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×