Berita KAIndonesia

Perbaikan Jalan, Rel Eks Trem Malang Muncul Kembali

Rel bekas Trem Malang yang muncul saat perbaikan jalan di kawasan Kayutangan, Malang | Foto: Kompas
Rel bekas Trem Malang yang muncul saat perbaikan jalan di kawasan Kayutangan, Malang | Foto: Kompas

[11/11] Saat di Jakarta para pecinta kereta api ramai dengan dibongkarnya bangunan eks Depo Lokomotif Jatinegara, di Malang jejak sejarah perkeretaapian muncul lagi ke permukaan. Rel bekas jalur trem Malang muncul kembali ke permukaan saat sedang dilakukan perbaikan jalan di simpang BCA Kayutangan, Malang, Jawa Timur.

Rel trem terlihat masih utuh menempel pada bantalannya. Bahkan penambat dan bantalannya terlihat masih utuh seolah rel ini menunggu untuk diaktifkan kembali.

Seperti dilansir dari Malang Post, rel ini ditemukan oleh pekerja saat tengah melakukan pengupasan aspal pada Selasa (10/11) kemarin. Rencananya jalan aspal akan digantikan lapisan batu andesit untuk mempercantik tampilan kota.

Penemuan ini kemudian dilaporkan oleh komunitas Malang Raya Heritage. Selanjutnya komunitas Malang Raya Heritage akan berdiskusi dengan kontraktor proyek untuk memikirkan langkah selanjutnya terkait dengan rel trem ini.

Jalur trem yang ditemukan ini merupakan bagian dari jaringan jalur trem eks Malang Stoomtrem Maatschapij. Seperti dilansir dari Tirto, jaringan trem MSM mulai dibangun pada tahun 1897 seiring dengan perkembangan penduduk di Kota Malang.

Sebagian besar jalur dibangun di wilayah selatan Malang yang merupakan penghasil tebu dan kopi. Meski menjadi pilihan favorit masyarakat untuk bepergian, sayangnya setelah Indonesia merdeka jalur trem Malang perlahan dimatikan dan jalurnya ditimbun dengan aspal. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×