Bus Listrik TransJakarta Direncanakan Beroperasi 2021 Mendatang

bus listrik skywell
Bus Skywell NJL6126BEV saat pra-uji coba | Foto: CNN Indonesia

[28/12] Armada bus listrik TransJakarta yang rencananya beroperasi 2021 mendatang saat ini sedang masuk pra-uji coba. TransJakarta sendiri telah berencana untuk menggunakan 100 bus listrik, dengan proyek bus listrik akan dimulai pada September 2021. Salah satu dari pemasok bus listrik yang menyatakan kesiapannya untuk proses uji coba adalah PT Kendaraan Listrik Indonesia selaku pemegang merek Skywell.

Dilansir dari Berita Satu, Rob Clinton selaku stakeholder bus listrik TransJakarta menyebutkan bus yang disiapkan PT Kendaraan Listrik Indonesia ini adalah Skywell tipe NJL6126BEV. Bus tipe ini merupakan bus high deck dengan tinggi sekitar 3.500 mm, panjang 12.000 mm, dan lebar 2.500 mm. Bus ini memiliki kapasitas antara 50 sampai 60 penumpang tergantung konfigurasi kursi. Disebutkan juga bus ini memiliki 40% kandungan lokal, dengan sisanya kandungan luar.

Untuk catu daya, bus Skywell NJL6126BEV ini dilengkapi baterai lithium iron phosphate (LiFePO4) dengan daya 258 kWh. Baterai ini diklaim dapat tahan untuk menempuh jarak 260 kilometer, dan dapat diisi ulang hingga penuh hanya dalam dua jam saja. Clinton mengklaim dengan kemampuan tersebut maka bus Skywell ini dapat digunakan selama seharian penuh dengan sekali pengisian saja.

Sementara itu Kepala Divisi Teknik dan Bus Listrik PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Ery Priwan menyebutkan pihaknya ingin memastikan bus Skywell telah memenuhi spesifikasi yang diajukan. Menurutnya, desain dari bus Skywell ini telah sesuai kebutuhan, sehingga tidak butuh lama untuk lanjut ke tahap uji coba. (RED/IHF)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Bus Listrik TransJakarta Direncanakan Beroperasi 2021 Mendatang

  • Selasa, 29 Desember 2020 pada GMT+0700 07:58
    Permalink

    Ini busnya beroperasi sampai ke Jawa Barat, kayak Cibubur, Depok, Bekasi, Bekasi Timur, dan Cikarang nggak, min?

    Balas

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: