Berita KAInternasionalKereta Api

Tiongkok Luncurkan Kereta Barang Kecepatan Tinggi

kereta barang kecepatan tinggi
Rangkaian pertama kereta barang kecepatan tinggi yang diresmikan pada Rabu (23/12) kemarin | Foto: The Star

[25/12] Pabrikan kereta api Tiongkok, CRRC, meresmikan rangkaian pertama kereta barang kecepatan tinggi buatan mereka pada Rabu (23/12) kemarin. Peresmian dilakukan di pabrik CRRC Tangshan di Provinsi Hebei, utara TIongkok.

Kereta barang berkecepatan tinggi ini mengambil basis dari rangkaian CR400 Fuxing. Hanya bedanya, dikhususkan hanya untuk angkutan barang saja. Tiongkok menjadi negara pertama di dunia yang berhasil mewujudkan konsep kereta barang berkecepatan tinggi.

Seperti dilansir dari The Star, pengembangan kereta barang kecepatan tinggi ini dilakukan sepenuhnya oleh CRRC Tangshan dengan bantuan dari Pemerintah Tiongkok. Satu set kereta barang kecepatan tinggi ini terdiri atas 8 kereta.

Tiap kereta dipasang pintu dengan lebar 2,9 meter untuk mempermudah proses bongkar-muat. Barang yang diangkut dengan kereta barang kecepatan tinggi ini dimasukan ke dalam kontainer khusus seperti yang digunakan pada pesawat terbang. Proses bongkar-muat pun dapat dilakukan secara otomatis.

Kereta barang ini juga dilengkapi dengan teknologi analisis big data, navigasi satelit Beidou, sistem cloud gudang virtual, serta sistem distribusi beban cerdas. Teknologi canggih ini dimaksudkan untuk mempermudah identifikasi dan penempatan barang di kereta.

Kereta barang ini dapat mengangkut barang hingga 110 metrik ton. Kecepatan maksimumnya adalah 350 km/jam dan jarak jelajah 600 kilometer hingga 1500 kilometer.

Kereta barang ini juga dapat beroperasi di temperatur mulai dari -25 hingga 40 derajat Celcius sehingga dinilai lebih unggul ketimbang pesawat dan kapal karena cepat dan dapat beroperasi di segala cuaca dan iklim. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×