Mesin Uji Pantograf Kecepatan Tinggi Selesai Dibuat

Tampak mesin uji pantograf yang dikembangkan RTRI | rilis RTRI

[28/12] Japan Railway Technology Research Institute (RTRI) rampungkan pembuatan alat untuk melakukan uji coba pada purwarupa pantograf kereta kecepatan tinggi. Sepeti dilansir dari rilis RTRI, purwarupa yang diuji menggunakan alat ini merupakan hasil pengembangan dari pantograf yang digunakan oleh rangkaian Shinkansen saat ini.

Uji coba mensimulasikan situasi ketika pantograf digunakan ketika kereta berjalan dengan kecepatan tinggi. Pantograf ditempatkan pada alat dan dinaikan hingga kolektor menempel pada piringan baja.

Piringan baja ini nantinya akan berputar hingga kecepatan 500 km/jam serta dapat bergerak ke samping serta naik dan turun untuk mensimulasikan keadaan sebenarnya ketika pantograf digunakan. Piringan ini juga menyalurkan tenaga listrik sebesar 600 Volt 1.000 Ampere yang nantinya akan diterima oleh pantograf.

Selain itu, mesin ini juga dapat mensimulasikan temperatur dan kelembaban yang berbeda. Uji coba ini dilakukan untuk melihat performa pantograf ketika beroperasi dengan kecepatan sangat tinggi serta mengurangi contact-loss yang terjadi antara pantograf dengan kabel troli.(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×