Deutsche Bahn akan Ujicobakan Kereta Rel Hidrogen Buatan Siemens

Kereta Rel Hidrogen Siemens
Desain kereta rel hidrogen Siemens yang akan diujicobakan oleh Deutsche Bahn | Foto: Siemens via DW

[1/12] Perusahaan kereta api Jerman, Deutsche Bahn, akan melakukan serangkaian uji coba pada rangkaian kereta rel hidrogen buatan Siemens. Seperti dilansir dari DW, ujicoba akan dilakukan mulai tahun 2024 di barat daya wilayah Baden-Württemberg.

Uji coba akan dilakukan selama 3 tahun. Untuk mendukung uji coba tersebut, pihak Deutsche Bahn akan memodifikasi sebuah Pengawas Urusan Kereta (PUK) menjadi tempat pengisian hidrogen. Bukan tanpa alasan mengapa Deutsche Bahn mau melakukan uji coba ini.

Deutsche Bahn sendiri mengoperasikan jalur dengan panjang total 13.000 kilometer di mana 40 persen di antaranya masih belum terelektrifikasi. Dengan jarak tempuh kereta yang mencapai 600 kilometer dalam sekali pengisian serta kereta yang dapat melaju hingga kecepatan 160 km/jam, kereta hidrogen bisa menjadi pilihan bagi perusahaan.

Komitmen perusahaan untuk mengeliminasi penggunaan bahan bakar fosil pada 2050 juga menjadi alasan Deutsche Bahn untuk menggunakan kereta rel hidrogen. Deutsche Bahn mendapatkan dana suntikan sebesar € 9 miliar atau sekitar Rp 152 triliun untuk pengembangan kereta tenaga hidrogen sebagai bagian dari stimulus penanganan COVID-19 dari Pemerintah Jerman.(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: