Keihan Railway akan Hapuskan Bangku Lipat di Rangkaian Keihan 5000

Bangku lipat otomatis Keihan 5000 yang akan dihilangkan mulai awal 2021
Bangku lipat otomatis Keihan 5000 yang akan dihilangkan mulai awal 2021 | Foto: Asahi

[13/12] Masih ingatkah Anda dengan bangku lipat otomatis yang ada di rangkaian Keihan seri 5000? Sepertinya ini akan jadi saat terakhir bagi kalian untuk melihatnya. Mulai awal 2021 mendatang, Keihan Railway akan menghilangkan fitur bangku lipat otomatis yang ada di rangkaian Keihan seri 5000.

Seperti dilansir dari Asahi, penghilangan fitur bangku lipat otomatis ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas angkut penumpang. Penghilangan bangku lipat otomatis ini akan dilakukan mulai awal tahun 2021 mendatang. Penghilangan bangku lipat otomatis ini juga berkaitan dengan rencana pemasangan platform screen door (PSD) di stasiun-stasiun Keihan.

Pada dekade 70-an peningkatan jumlah penumpang menimbulkan masalah pada lalu lintas keluar-masuk penumpang kereta terutama saat jam sibuk. Guna mengatasi permasalah tersebut, Keihan Railway memperkenalkan rangkaian seri 5000 dengan 5 pintu di tiap sisinya.

Namun ditambahnya pintu membuat kapasitas tempat duduk kereta berkurang. Itulah sebabnya Keihan Railway menambahkan fitur bangku lipat otomatis yang ditempatkan di dua pintu kereta.

Bangku lipat ini dapat dilipat dan ditempatkan di atas pintu ketika jam sibuk untuk memperlancar lalu lintas penumpang ketika jam sibuk. Ketika keluar dari jam sibuk, bangku dapat diturunkan dan dibuka untuk menambah kapasitas tempat duduk. Bangku diatur secara otomatis lewat kabin masinis.

Jumlah pintu rangkaian Keihan 5000 yang ada sebanyak 5 buah di tiap sisinya dinilai menyulitkan pemasangan PSD yang hanya mendukung rangkaian dengan 4 pintu di tiap sisinya. Penghilangan fitur ini akan dilakukan secara bertahap ke seluruh rangkaian Keihan 5000.

Setelah penghilangan fitur bangku otomatis dan 5 pintu, selanjutnya Keihan Railway akan melakukan pembaruan armada dengan mempensiunkan seri 5000. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Keihan Railway akan Hapuskan Bangku Lipat di Rangkaian Keihan 5000

  • Rabu, 28 April 2021 pada GMT+0700 09:32
    Permalink

    Keihan 5000 aja dicopot bangku tambahan di dua pintu gerbong lima pintu apalagi si krl jr 205 141 (favku) yang akhir tahun 2016 dipasang bangku tambahan di gerbong sixdoors SaHa 204-45 dan di awal 2021 (setelah kedua sixdoorsnya melakukan penggantian roda) bangku tambahannya di pintu gerbong sixdoorsnya dicopot min

    Balas

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: