Lokomotif dan Kereta Penumpang Komuter Buatan INKA Dikirim ke Filipina

Lokomotif INKA untuk Filipina saat dikapalkan
Lokomotif buatan INKA saat akan dikapalkan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya | Foto: Tangkapan video dari INKA

[13/12] PT INKA melepas pengiriman perdana rangkaian kereta komuter dan lokomotif ke Filipina. Selebrasi pelepasan pengiriman dilakukan di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu pagi (12/12) kemarin.

Acara pelepasan yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube INKA ini dihadiri sejumlah pejabat seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Direktur Jenderal Industri Logam, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufik Bawazir, Inspektur Jenderal Kemenhub Gede Pasek Swardika, Dirut INKA Budi Noviantoro, serta sejumlah pejabat penting lainnya.

Sebanyak 3 unit lokomotif dan 15 unit atau 3 set kereta penumpang komuter dikirim ke Filipina. Pengiriman dilakukan menggunakan kapal kargo milik perusahaan asal Jerman, BBC Chartering. Sebelumnya rangkaian kereta komuter dan lokomotif diangkut menggunakan truk dari pabrik INKA di Madiun hingga Pelabuhan Tanjung Perak.

Ini merupakan kali pertama bagi INKA mengekspor lokomotif ke luar negeri. Rencananya lokomotif dan rangkaian kereta penumpang komuter ini akan dioperasikan di Jalur South Commuter dari Tutuban hingga Alabang bersama dengan KRD INKA yang sudah terlebih dulu beroperasi, KRD Hyundai Rotem, KRD KiHa 350, KRD KiHa 52, dan KRL seri 203 yang dipasangi genset dan ditarik lokomotif. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Lokomotif dan Kereta Penumpang Komuter Buatan INKA Dikirim ke Filipina

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: