Berita KAInternasionalKereta Api

Nigeria Railways Uji Coba Layanan KA Lagos-Ibadan

lokomotif nigeria crrc
Lokomotif buatan CRRC untuk Nigeria | Foto: Railjournal

[29/12] Pihak Nigerian Railways (NR) telah melaksanakan uji coba layanan KA Lagos-Ibadan sepanjang 156 km. Uji coba ini dilakukan oleh pihak NR sebelum meluncurkan layanan penuh di lintas ini pada Januari 2021 mendatang.

Dilansir dari Railjournal, uji coba ini telah dilakukan pada 14 Oktober lalu dengan membawa penumpang. Saat uji coba tersebut, perjalanan antara Lagos-Ibadan membutuhkan waktu 2 jam 40 menit. Pihak NR menargetkan waktu tempuh ini akan berkurang menjadi 2 jam saat layanan penuh dibuka mendatang.

Pembangunan jalur KA Lagos-Ibadan ini telah dimulai pada 2017 lalu. Jalur ini membentang dari Pelabuhan Lagos, pusat populasi Nigeria, ke Ibadan, ibu kota wilayah Oyo. Pembangunan jalur ganda ini selesai pada 28 Maret lalu, dengan armada telah dikirim dari Mei lalu. Layanan ini akan menggunakan 21 lokomotif buatan CRRC Quishuyan dan kereta seri 25T buatan CRRC Tangshan.

Pihak NR berencana untuk menyediakan layanan di lintas ini dengan keberangkatan dari Ibadan pukul 08.00 dan Lagos pukul 16.00. Direncanakan tiket KA ini akan dijual pada rentang 3.000 hingga 6.000 Naira (sekitar 112.000 hingga 224.000 Rupiah). Sementara itu, pendanaan proyek ini dilakukan secara paralel oleh pemerintah Nigeria dan pihak Tiongkok.

Pendanaan dari pihak Tiongkok berasal dari Export Import Bank of China (Exim Bank) sebesar 408 miliar Naira (sekitar 15,2 triliun Rupiah). Sedang pendanaan dari pihak pemerintah Nigeria sebesar 72 miliar Naira (sekitar 2,7 triliun Rupiah). Pembangunan lintas ini adalah bagian dari proyek lintas standard gauge Lagos-Kano sepanjang 2733 km. Lintas paling pertama pada proyek ini, yaitu Abuja-Kaduna telah dibuka pada 2016 lalu. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×