Mitsubishi Menangkan Kontrak Pengadaan KRDE untuk Myanmar

KRDE CAF-Mitsubishi Myanmar
Ilustrasi KRDE buatan CAF-Mitsubishi yang akan digunakan untuk proyek peningkatan KA Myanmar | Foto: Railway Gazette

[10/12] Operator KA nasional Myanmar Railways baru saja memenangkan tender kerjasama Mitsubishi Jepang dan CAF Spanyol untuk pengadaan armada KRDE. Tender pengadaan armada KRDE sebanyak 246 unit ini terdiri dari dua kontrak dan direncanakan akan dilakukan antara 2023-2025 mendatang.

Dilansir dari Railway Gazette, kontrak pertama mencakup 66 kereta komuter untuk proyek modernisasi Yangon Circular Railway sepanjang 46 km. Proyek ini targetnya akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk satu lingkar penuh dari 170 menit menjadi 110 menit.

Sedangkan kontrak kedua mencakup 180 kereta jarak jauh untuk layanan Yangon-Naypyidaw-Mandalay sejauh 620 km. Jalur ini juga sedang dilakukan peningkatan agar waktu perjalanan yang dibutuhkan berkurang dari 15 jam menjadi 8 jam.

Kontrak senilai 69 miliar Yen (sekitar 9,35 triliun Rupiah) ini didanai dengan pinjaman internasional antara Jepang dan Myanmar. Kereta dengan lebar rel 1000 mm ini akan dimanufaktur di CAF Spanyol dengan komponen Jepang.

Saat mengumumkan kontrak ini pada 8 Desember kemarin, Mitsubishi menyambut baik kesempatan ini. Pihaknya mengatakan akan memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan transportasi umum di Myanmar dengan pengetahuan proyek perkeretaapian internasional mereka. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: