Rel Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah Dikirim

rel panjang 100 meter
Batang rel sepanjang 100 meter saat dikirim dari pabriknya di Panzhihua ke pelabuhan di Fangchenggang. Nantinya rel ini akan dipotong menjadi 50 meter untuk keperluan pengangkutan. | Foto: Eastday

[3/12] Setelah dinantikan beberapa lama, rel untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akhirnya dikirimkan pada 28 November lalu.

Dilansir dari Tempo, China Railway Nannning Group mengatakan bahwa rel ini telah dimuat ke sebuah kapal di Fangchenggang, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang. Rel ini sebelumnya dikirimkan dari pabriknya di Panzhihua Steel Vanadium Rail Beam Factory di Barat Daya Provinsi Sichuan. Tiap batang rel untuk proyek kereta cepat ini aslinya memiliki panjang 100 meter, namun kemudian dipotong menjadi 50 meter untuk pengangkutan.

Dikutip dari situs berita Eastday, pengiriman rel dari pabrik Panzhihua ke Fangchenggang ini telah dilakukan pada 27 Maret lalu. Diprediksi kebutuhan rel untuk proyek kereta cepat sepanjang 142,3 km ini adalah 38.000 ton. Jumlah ini meliputi 279,4 km rel lintas raya, 28,9 km rel di stasiun, dan 79 wesel.

Sementara itu dikutip dari Instagram KCJB, telah dilakukan uji coba pengangkutan rel sepanjang 50 meter. Uji coba ini dilakukan pada 2 hingga 7 November di lintas Maos-Gedebage dengan menggunakan KLB gerbong datar. Uji coba yang dilakukan KCIC bekerjasama dengan PT KAI, CARS, dan Sinohydro ini dilakukan untuk memastikan daya dukung sarana dan prasarana dalam pengangkutan rel ini.

Nantinya, rel sepanjang 50 meter ini akan diangkut dari Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap menuju sepur simpan proyek KCJB di kawasan Tegalluar. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: