Asa Seaside Railway Ujicobakan Dual Mode Vehicle Mereka di Rel

DMV Asa Seaside Railway
DMV Asa Seaside Railway saat melakukan uji coba | Foto: Asahi

[15/1] Di Indonesia, kendaraan yang bisa berjalan baik di rel kereta dan jalan raya pada umumnya digunakan untuk keperluan dinas. Seperti misalnya truk Unimog yang terkadang tampak menjadi KLB Inspeksi di lintas. Namun bagaimana jika kendaraan seperti ini digunakan sebagai kendaraan umum?

Di Jepang kendaraan seperti ini bernama Dual Mode Vehicle (DMV) dan dulu pernah diujicobakan oleh JR Hokkaido. Namun kali ini, ada lagi satu operator KA yang mengujicobakannya yaitu Asa Seaside Railway di Pulau Shikoku. Dilansir dari Asahi, uji coba ini dilakukan oleh Asa Seaside Railway di Jalur Asato pada 15 Desember lalu. DMV ini menjalani uji coba perubahan mode di fasilitas pergantian mode di Stasiun Awa-Kainan, dan kemudian beroperasi hingga sejauh 1,2 km.

Dalam uji coba ini, DMV ini dapat berubah dari mode jalan raya ke mode rel dalam 15 detik. Sepasang roda besi dari bagian bawah sisi depan dan belakang akan keluar untuk menyentuh rel, mengangkat ban depan DMV ini. Di rel, DMV ini beroperasi dengan kecepatan 30 km/jam dengan 6 roda, yakni 4 roda besi dan 2 roda karet di bagian belakang. Kecepatan rendah ini dimaksudkan agar seluruh sistem kendali berfungsi dengan baik.

Rencananya DMV ini akan beroperasi pada April 2021 mendatang setelah uji coba lebih lanjut dan pelatihan awak sarana. Rencananya, DMV ini akan beroperasi dalam mode rel antara Stasiun Awa-Kainan dan Kannoura di Toyo, Prefektur Kochi. DMV ini juga akan beroperasi dalam mode jalan raya untuk langsung menuju tempat wisata seperti Tanjung Muroto di Muroto, Prefektur Kochi pada akhir pekan dan hari lbur. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×