Lintas Kertapati-Tanjungkarang Jalani Uji Coba Peningkatan Kecepatan

KLB ujicoba peningkatan kecepatan saat melintasi Baturaja, Sumsel
KLB ujicoba peningkatan kecepatan saat melintasi Baturaja, Sumsel |Foto: Raka Dwi Kurniawan, OPKA Sumsel

[15/1]. Pada hari Kamis (14/1) kemarin, PT.KAI Divre 3 Palembang dan Divre 4 Tanjungkarang melakukan uji coba peningkatan puncak kecepatan di lintas Kertapati-Tanjungkarang. Ujicoba peningkatan dilakukan dengan cara menjalankan KLB (Kereta Luar Biasa) dari Kertapati ke Tanjungkarang dan kembali ke Kertapati pada keesokan harinya menggunakan rangkaian idle KA Sriwijaya yang ditarik oleh lokomotif CC204.

KLB ini dijalankan untuk mengetahui bagaimana jika puncak kecepatan lintas di lintasan Kertapati-Tanjungkarang ditingkatkan lagi pada GAPEKA 2021 mendatang. Dimana, pada GAPEKA 2021 untuk wilayah Sumatera bagian Selatan, terdapat rencana peningkatan puncak kecepatan di beberapa titik pada lintasan Kertapati – Tanjungkarang. Bahkan pada GAPEKA 2021 lintas Kotabumi – Gedungratu direncanakan untuk dapat dilalui dengan kecapatan maksimal 90 km/jam.

Apabila ujicoba ini berhasil, maka kecepatan KA penumpang yang melintas di lintas Kertapati – Tanjungkarang yakni KA Sriwijaya, KA Rajabasa, dan KA Kuala Stabas akan meningkat secara signifikan dan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan hingga 45 menit.(Richard Hermawan/OPKA Sumsel)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×