Berita KAIndonesiaKAI Commuter

Commuter Line Jogja-Solo Beroperasi Februari

KRL SLO32 di Solo
Rangkaian SLO32 saat memasuki Stasiun Solo Balapan | Foto: Angin Elandajagat

[17/1]. Buat kalian warga Jogja dan Solo yang ingin merasakan naik Commuter Line sepertinya harus sedikit bersabar. Pengoperasian layanan Commuter Line Jogja-Solo diundur dari yang sebelumnya pada akhir Januari ini menjadi Februari mendatang.

Seperti dilansir dari Radar Solo, Pejabat Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Supandi mengatakan ditundanya pengoperasian Commuter Line Jogja-Solo ini dikarenakan saat ini tengah dilakukan sinkronisasi antara sarana dan prasarana perkeretaapian. Selain itu, ia mengatakan pihaknya masih menunggu rekomendasi kelayakan operasi dari DitjenKA Kemenhub.

Saat ini tengah dilakukan serangkaian uji coba di jalur antara Jogja dan Solo menggunakan rangkaian KFW dan 205. Hasilnya sejumlah perbaikan pada prasarana dilakukan untuk menunjang operasional Commuter Line. Sementara itu KAI Commuter tengah fokus pada pelayanan Prambanan Express serta menyiapkan prasarana penunjang operasional Commuter Line seperti gate, signage, dan vending machine.

Pejabat Humas KAI Commuter Adli Hakim mengatakan saat ini sudah terpasang 29 gate di 10 stasiun yakni Solo Balapan, Purwosari, Gawok, Delanggu, Klaten, Srowot, Brambanan, Maguwo, Lempuyangan, dan Yogyakarta dan saat ini tengah dilakukan pemasangan di Stasiun Ceper.

Sementara untuk sarana sendiri baik KFW maupun 205 sudah dipasangi signage, peta rute, dan tata tertib di dalam kereta. Dalam operasionalnya nanti, Commuter Line Jogja-Solo akan berhenti di 11 stasiun dan beroperasi dengan kecepatan maksimal 90 Km/jam.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×