Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta ApiUjicoba

KRL Kembali Uji Coba ke Solo, KRL Seri 205 Turut Serta

KRL SLO32 di Solo
KRL seri 205 rangkaian SLO32 saat memasuki Stasiun Solo Balapan | Foto: Angin Elandajagat

[14/1] Kementerian Perhubungan beserta PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan anak usahanya KAI Commuter kembali mengujicobakan KRL di Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta. Uji coba kali ini dilakukan dengan rute Yogyakarta-Solo Balapan PP dengan menggunakan dua rangkaian KRL KfW i9000 dan satu rangkaian KRL seri 205.

Uji coba KRL di rute Yogyakarta-Solo Balapan PP dilakukan pada Rabu (13/1) dan Kamis (14/1). Uji coba dengan KRL KfW i9000 menggunakan rute Klaten-Yogyakarta-Solo Balapan-Klaten, sedangkan uji coba KRL seri 205 menggunakan rute Srowot-Yogyakarta-Solo Balapan-Srowot. Bila sebelumnya kecepatan yang diizinkan antara Purwosari-Solo Balapan hanya 30 km/jam, dalam uji coba kali ini kedua jenis KRL diizinkan berlari hingga 90 km/jam.

Ini merupakan kali kedua KRL KfW singgah di Stasiun Solo Balapan dengan tenaga sendiri. Sedangkan untuk KRL seri 205, ini merupakan kali pertama. Rangkaian KRL seri 205 yang bertugas pada uji coba hari Rabu (13/1) adalah rangkaian SLO32.

Meskipun uji coba KRL telah dua kali dilakukan sampai Solo Balapan, namun belum ada informasi resmi kapan KRL akan mulai beroperasi di Daop 6 Yogyakarta. Saat ini, baik Kementerian Perhubungan maupun Grup KAI masih terus mempersiapkan pengoperasian KRL agar nantinya KRL dapat beroperasi tanpa kendala. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×