Tiongkok Perlihatkan Purwarupa Maglev Superkonduktor

Purwarupa maglev superkonduktor
Purwarupa maglev kecepatan ultra tinggi yang dipamerkan pada Rabu (13/1) kemarin | Foto: Xinhua via Kompas TV

[14/1] Tim gabungan dari CRRC, China Railway Group, dan Southwest Jiaotong University memperlihatkan purwarupa kereta magnetic levitation (maglev) superkonduktor suhu tinggi (High Temperature Superconductivity/HTS) di pabrik CRRC di Kota Chengdu pada Rabu (13/1) kemarin.

Seperti dilansir dari Kompas TV, menurut pihak Southwest Jiaotong University yang merancang desain maglev superkonduktor ini, kereta ini dapat melaju hingga kecepatan 620 Km/jam. Maglev ini sepenuhnya dikembangkan di dalam negeri Tiongkok.

Selain memperlihatkan purwarupa maglev, dalam kesempatan ini tim pengembang juga meluncurkan jalur uji sepanjang 165 meter untuk menguji purwarupa ini.

Tak hanya dipamerkan, purwarupa maglev ini juga mengambang di jalur pamer. Direktur pusat riset transportasi maglev berkecepatan supertinggi dalam tabung tekanan rendah Southwest Jiaotong University Deng Zigang mengatakan konsep maglev HTS ini merupakan konsep yang bagus. Sayangnya belum pernah ada implementasi dalam skala penuh.

Menurut para pakar, berbeda dengan maglev lainnya, konsep maglev HTS lebih cocok untuk beroperasi di jalur dengan tabung vakum untuk meminimalisir gesekan dengan angin sehingga kereta bisa melaju hingga kecepatan 1.000 Km/jam.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: