Berita KAInternasional

Mesir Tandatangani Kontrak Kereta Cepat Dengan Siemens

Rangkaian kereta cepat ICE yang dibuat oleh Siemens | Foto: DW

[21/1] Kementerian Transportasi Mesir menandatangani nota kesepahaman pengadaan rangkaian kereta cepat dengan Siemens. Seperti dikutip dari Railjournal, penandatanganan dilakukan di Kairo oleh Presiden National Tunnels Authority Essam Wali dan Direktur Siemens Mobility Michael Peter.

Penandatanganan ini juga dihadiri oleh Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouli, CEO Siemens Joe Kaeser, dan Vice President Executive Siemens Roland Bush.

Menteri Transportasi Mesir (kiri) dan CEO Siemens Mobility (kanan) saat menandatangani nota kesepahaman proyek kereta cepat di Kairo | Railjournal

Dalam kontrak kereta cepat ini, nantinya Siemens akan menyuplai sejumlah sarana dan prasarana perkeretaapian seperti lokomotif, kereta, persinyalan, dan elektrifikasi jalur. Kontrak ini diperkirakan bernilai USD 3 miliar.

Sementara untuk jalurnya sendiri dibangun oleh perusahaan konsorsium China Civil Engineering Construction Corporation dan Samcrete bersama dengan Arab Organisation for Industralitation dan China Railway Construction Corporation. Saat ini proyek kereta cepat Mesir sudah memasuki tahap studi tanah dan survei lapangan untuk menentukan trase jalur nantinya.

Jalur kereta cepat Mesir nantinya membentang sejauh 543 Kilometer menghubungkan El-Alamein dan Alexandria di pesisir Laut Mediterania dengan jalur bercabang di Borg El Arab menuju ibu kota baru di timur Kairo hingga El Sokhna di pesisir Teluk Suez.

Nantinya akan ada 15 stasiun perhentian di sepanjang jalur dengan kereta beroperasi hingga kecepatan 250 Km/jam. Lain halnya dengan kebanyakan jalur kereta cepat yang dikhususkan untuk kereta penumpang, jalur kereta cepat Mesir nantinya juga digunakan untuk operasional kereta barang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×