Berita KAInternasional

JR East Akan Operasikan Kereta Transpor Pengganti Lokomotif

Desain GV-E197
Desain GV-E197 yang akan menggantikan fungsi lokomotif di JR East| Foto: JR East

[21/1]. JR East akan mengoperasikan dua seri kereta transpor yang nantinya akan menggantikan fungsi lokomotif peninggalan JNR yang akan memasuki masa pensiun. Seperti dilansir dari Kiji, kedua kereta transpor tersebut adalah seri GV-E197 dan E493.

Meski keduanya terlihat seperti kereta biasa, namun memiliki kekuatan yang cukup untuk menggantikan lokomotif. Walaupun desainnya sama namun keduanya memiliki fungsi dan sistem penggerak yang berbeda untuk bisa beroperasi.

GV-E197 menggunakan memiliki sistem penggerak diesel-elektrik atau KRDE. Kereta ini diproyeksikan akan menggantikan fungsi lokomotif diesel-hidrolik sebagai penarik kereta angkutan kricak untuk perbaikan jalan rel. Terdapat dua kabin di tiap ujung kereta.

Saat beroperasi nantinya akan ada dua unit kereta yang dipasang di tiap ujung rangkaian kereta angkutan kricak. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan penaburan kricak serta menghilangkan proses langsiran lokomotif sehingga pekerjaan bisa selesai dengan cepat.

Render desain E493 | Foto: JR East

Sementara E493 adalah kereta rel listrik (KRL) AC/DC. Berbeda dengan GV-E197 yang dapat beroperasi hanya dengan satu kereta, E493 beroperasi dengan satu set yang terdiri atas dua kereta. KRL ini rencananya akan beroperasi menggantikan lokomotif EF64 sebagai sarana penarik rangkaian KRL baru.

GV-E197 nantinya akan ditempatkan di wilayah Takasaki. Sedangkan E493 nantinya akan ditempatkan di wilayah Metropolitan Tokyo. Saat ini keduanya tengah melakukan serangkaian uji coba dan direncanakan akan mulai beroperasi pada musim semi 2021.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×