PNR Resmikan Operasional Lokomotif dan Kereta Penumpang Buatan INKA

Lokomotif diesel hidrolik buatan INKA
Lokomotif diesel hidrolik buatan INKA saat dilangsir di Stasiun Dela Rosa |Foto: Mark Demayo/ABS-CBN

[29/1]. Philippine National Railways (PNR) meresmikan operasional lokomotif diesel hidrolik dan kereta penumpang komuter buatan INKA pada Kamis (28/1) kemarin. Seperti dilansir dari ABS-CBN dan Department of Transportation – Phillipines (DOTrPH) peresmian dilakukan di Stasiun Dela Rosa, Makati.

Diresmikannya rangkaian kereta komuter yang diberi nomor seri 8300 dan lokomotif  diesel hidrolik yang diberi nomor seri 9000 ini ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh sejumlah pejabat terkait seperti Menteri Transportasi Athur Tugade, General Manager PNR Junn Magno, perwakilan dari Kedutaan Besar Indonesia untuk Filipina, dan perwakilan dari INKA.

Ada 3 unit lokomotif dan 3 set rangkaian 5 kereta komuter yang dipesan oleh PNR kepada INKA. Sebelumnya PNR juga memesan sebanyak 4 set KRD. Semuanya menggunakan transmisi hidrolik.

Pemotongan pita sebagai tanda resmi beroperasinya lokomotif diesel hidrolik dan kereta penumpang komuter buatan INKA | SMNI

General Manager PNR Junn Magno menjelaskan ada keuntungan dari lokomotif diesel hidrolik buatan INKA. Lokomotif ini (yang berbasis CC 300 – REDaksi) dapat menerjang banjir dengan ketinggian hingga 18 inchi (45,72 cm). Meskipun sepanjang sejarah Filipina banjir tertinggi yang menerjang hanya setinggi 5 inchi (12,7 cm).

Meski menggunakan sarana baru, Magno memastikan tak akan menaikan tarif perjalanan kereta komuter PNR. Diharapkan hadirnya sarana baru ini dapat meningkatkan kapasitas angkut dari yang sebelumnya 40.000 hingga 60.000 penumpang per hari menjadi 140.000 penumpang per hari.(RED/BTS)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: