Shinkansen Seri E4 JR East akan Pensiun Musim Gugur 2021

Shinkansen E4 JR East
Ilustrasi Shinkansen E4 JR East | Foto: DAJF, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[29/1] Akhir dari era layanan Shinkansen double decker akan semakin dekat. Shinkansen seri E4 akan sepenuhnya pensiun pada musim gugur 2021 nanti.

Dilansir dari Railway Gazette, JR East sebetulnya telah berencana akan memensiunkan Shinkansen jenis ini pada akhir 2019. Bahkan pemensiunan Shinkansen seri ini telah dimulai pada tahun 2013, 2016, dan 2017, sedang salah satu kereta juga telah dipreservasi di museum. Akan tetapi, takdir pun berkata lain sehingga Shinkansen ini bisa berdinas lebih lama.

Datangnya Taifun Hagibis menyebabkan 10 rangkaian Shinkansen yang terdiri dari 8 rangkaian seri E7 dan 2 rangkaian seri W7 sebanyak 120 kereta terendam di Dipo Nagano. Kerusakan yang dialami rangkaian ini pun cukup parah sehingga mereka terpaksa dirucat. Rencana purnatugas Shinkansen seri E4 pun ditunda demi menutup defisit armada akibat kejadian ini.

Saat ini Hitachi dan Kawasaki tengah membuat rangkaian baru untuk menggantikan armada yang dirucat akibat Taifun Hagibis. Rencananya 12 rangkaian baru Shinkansen ini akan mulai berdinas di Joetsu Shinkansen pada revisi jadwal perjalanan pada Maret nanti. Mereka akan beroperasi pada 16 perjalanan Toki dan 6 perjalanan Tanigawa dalam sehari.

Shinkansen seri E4 sendiri telah berdinas sejak Desember 1997. Armada berformasi 8 kereta ini memiliki kapasitas 817 kursi dan merupakan turunan dari armada seri E1 yang telah berdinas sejak 1994 lalu. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: