Rail Operations Inggris akan Pesan Lokomotif Trimoda Class 93

Render lokomotif class 93
Ilustrasi 3 dimensi lokomotif Class 93 pesanan Rail OPerations Group | Foto: Railway Gazette

[30/1] Stadler dan operator KA Rail Operations Group UK menandatangani kontrak pembelian 30 lokomotif trimoda Class 93. Sebanyak 10 lokomotif untuk pengiriman pertama akan dikirim mulai 2023 mendatang.

Dilansir dari Railway Gazette, lokomotif dengan klasifikasi UIC Bo-Bo ini akan menggunakan basis lokomotif class 68 UKLight diesel dan class 88 UKDual electro-diesel yang digunakan operator KA Direct Rail Services. Akan tetapi, lokomotif class 93 ini rencananya akan memiliki kecepatan maksimum 180 km/jam, ketimbang 160 km/jam untuk lokomotif class 68 dan class 88.

Sesuai jenisnya yaitu trimoda, lokomotif ini akan memiliki tiga penggerak utama. Penggerak utama pertama yaitu traksi elektrik memiliki rating 4 MW pada lintas elektrifikasi AC 25 kV 50 Hz. Penggerak utama kedua yaitu mesin diesel Caterpilar C32 digunakan untuk lintas nonelektrifikasi, dengan emisi memenuhi standar EU 97/68 Stage V. Sedangkan penggerak utama terakhir adalah baterai litium titanat oksida dengan kapasitas 400 kW sebagai daya tambahan, ataupun untuk penggerak saat langsir.

Dalam perjanjian ini, Stadler mengklaim lokomotif ini dapat mengurangi emisi CO2 untuk angkutan barang dan mungkin juga penumpang secara signifikan. CEO Rail Operations Group juga menyebutkan armada class 93 “dengan identitas hijau” akan mendukung mereka untuk dekarbonisasi industri KA. Armada class 93 ini juga diharapkan mampu memodernisasi sektor perkeretaapian Inggris.

Konfirmasi pemesanan ini tiba setelah pengelola dana Eropa STAR mengakuisisi saham mayoritas Rail Operations UK (Ltd). Perusahaan ini membawahi Rail Operations Group, anak perusahaan bidang angkutan barang Orion, dan anak perusahaan bidang penyimpanan dan perucatan armada Traxion. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: