Berita KAInternasional

Tiongkok Luncurkan Kereta Cepat Tahan Dingin

Kereta cepat tahan dingin cr400af-g

[13/1] Pabrikan kereta api Tiongkok meluncurkan rangkaian kereta cepat terbaru yang dapat melaju dalam suhu dingin yang ekstrim. Seperti dilansir dari CNN, rangkaian CR400AF-G ini merupakan varian dari seri CR400 Fuxing yang dapat melaju dengan kecepatan 350 km/jam dengan suhu hingga -40 derajat Celsius.

Rangkaian pertama CR400AF-G ini menjalani debutnya pada 6 Januari lalu, dan akan beroperasi di jalur kereta cepat baru yang menghubungkan Beijing dengan kota-kota di timur laut Tiongkok seperti Shenyang dan Harbin. Meski sudah menjalani debutnya, namun belum diketahui kapan rangkaian ini akan beroperasi mengangkut penumpang.

Guna menghadapi suhu dingin yang ekstrem, China Railway Beijing Group merancang sejumlah komponen kereta dengan bahan yang tahan pada suhu dingin.

Misalnya baut yang dibuat dari chromium-molybdenum alloy, pelindung silikon yang mencegah es dan salju masuk ke dalam kereta, sistem pengereman tahan dingin, serta sistem pipa yang dibuat dari stainless steel dan dilengkapi dengan penghangat.

sistem pengereman kereta cepat tahan dingin
Sistem pengereman pada rangkaian CR400AF-G yang dirancang khusus untuk menghadapi suhu dingin ekstrim | Foto: CNN

Direktur China Railway Beijing Group Zhou Song memberikan alasan mengapa sampai dibuat rangkaian kereta cepat khusus yang dapat beroperasi di suhu dingin ekstrim. Ia memberi contoh jika kereta berhenti di Kota Harbin, kota terdingin di Tiongkok, selama 1 jam, sistem pengereman kereta akan membeku dan mengakibatkan kereta tidak bisa berjalan.

Dengan kereta yang dirancang khusus rem kereta dapat beroperasi dengan baik meskipun suhu di luar berada di bawah 0 derajat Celsius.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×