KRL Seri 205 Rangkaian BOO137 Milik KAI Commuter Selesai Jalani Perawatan 48 Bulan

Rangkaian BOO137 uji coba
Rangkaian BOO137 saat uji dinamis. Tampak bagian diagonal yang sudah menyambung dengan striping atas.

[14/1] Membuka tahun 2021, KAI Commuter mengujicobakan KRL seri 205 rangkaian BOO137 setelah menjalani perawatan 48 bulan (P48) di Balai Yasa Manggarai pada Desember 2020. KAI Commuter mengujicobakan rangkaian ini pada Senin (11/1) dengan relasi Manggarai-Bogor PP.

Seperti halnya KRL seri 6000 rangkaian 6132F yang menjalani P48 di bulan November 2020, rangkaian BOO137 telah menggunakan livery baru KAI Commuter. Namun, penerapan livery baru ini sedikit berbeda dengan lima rangkaian KRL seri 205 lainnya. Pada bagian kabin masinis, motif diagonal warna merah bergaris putih dan abu-abu dibuat menyambung dengan striping merah bagian atas KRL. Namun bagian bawah motif diagonal tersebut masih tidak menyambung sempurna dengan striping muka KRL.

diagonal BOO137
Bagian diagonal rangkaian BOO137 dari dekat
Rangkaian BOO5
Bagian diagonal versi sebelumnya pada rangkaian BUD5 yang tidak menyambung dengan striping atas sebagai perbandingan

Selain itu, Balai Yasa Manggarai juga mengganti kode rangkaian pada kabin KRL dengan model berbeda. Sebelumnya, rangkaian ini menggunakan kode rangkaian warna oranye dengan teks hitam karya Depo KRL Bogor. Kini, rangkaian ini menggunakan kode rangkaian warna merah dengan teks putih.

KRL seri 205 rangkaian BOO137 merupakan salah satu rangkaian KRL seri 205 eks JR East yang didatangkan dari Jalur Saikyo pada tahun 2014. Rangkaian ini menggunakan kode rangkaian HaE 26 saat beroperasi di Jalur Saikyo. Rangkaian ini juga pernah beroperasi di Jalur Keihin-Tohoku sebagai rangkaian URa 92 sebelum dipindah ke Jalur Saikyo.

Rangkaian yang kini dimiliki Depo KRL Bogor ini langsung beroperasi kembali pada keesokan harinya (12/1) di Lin  (Lintas) Cikarang. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: