Alstom Selesaikan Proses Akuisisi Bombardier Transportation

Ilustrasi kereta buatan Alstom
Alstom Coradia Polyvalent, salah satu platform kereta regional andalan Alstom | Foto: Kevin B – Wikimedia (CC-BY-SA)

[3/2] Setelah sebelumnya telah disetujui oleh Komisi Eropa pada Agustus 2020, pada akhirnya Alstom menyelesaikan proses akuisisi terhadap unit usaha rel Bombardier, Bombardier Transport.

Dilansir dari Railway Technology, kesepakatan ini diteken setahun setelah penandatanganan nota kesepahaman antata Bombardier dan pemegang saham Caisse de dépôt et placement du Québec (Lembaga Investasi dan Deposit Quebec-CPDQ) dengan Alstom. Nota kesepahaman versi revisi kemudian ditandatangani pada September 2020. Saat penyelesaian, nilai akuisisi ini ditaksir sekitat 5,5 miliar Euro. Nilai ini berada di batas terbawah rentang 5,5 hingga 5,9 miliar Euro yang sebelumnya diindikasikan.

Dengan selesainya akuisisi ini, perusahaan gabungan ini menjadi salah satu perusahaan mobilitas terbesar di dunia. Diperkirakan pendapatan pro-forma perusahaan ini adalah 15,7 miliar Euro dengan 7,1 miliar Euro backlog pemesanan. Selain itu terdapat 75.000 pegawai yang berada di 70 negara.

Ketua dan CEO Alstom Henri Poupart-Lafarge mengatakan akuisisi ini adalah momen unik bagi Alstom dan perusahaan mobilitas di seantero dunia. Ia menyebutkan akuisisi ini akan menciptakan pemimpin baru yang berpusat pada mobilitas pintar dan berkelanjutan.

Akuisisi ini didanai Alstom sebanyak 2 miliar Euro melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (rights issue). Saat ini Alstom akan memfinalisasi proses penjualan sebagian aset grup sesuai dengan komitmen sebelumnya. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×