Minangkabau Ekspres Diperpanjang Sampai Pulau Aie

Rangkaian KA Bandara Minangkabau saat diujicoba dari Madiun ke Jombang | Foto: Rio Prabowo

[12/2] Setelah puluhan tahun mati, Stasiun Pulau Air/Pulau Aie akhirnya kembali melayani perjalanan kereta api. Mulai 10 Februari 2021 lalu, KA Minangkabau Ekspres diperpanjang relasinya dari yang sebelumnya Bandara Internasional Minangkabau-Padang menjadi Bandara Internasional Minangkabau-Pulau Aie.

Perpanjangan relasi Minangkabau Express ini bersamaan dengan berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2021. Seperti dilansir dari Rakyat Sumbar, tak ada acara seremonial yang dilakukan maupun pejabat Pemkot Padang yang hadir untuk menyambut perpanjangan rute ini.

Perpanjangan rute KA Minangkabau Ekspres dinilai memiliki nilai strategis terutama untuk sektor pariwisata. Seperti dilansir dari Suduik Minang, lokasi Stasiun Pulau Aie sangat dekat dengan sejumlah objek wisata unggulan di Kota Padang seperti Kota Tua, Marina, dan Pantai Padang.

Selain itu, Stasiun Pulau Aie juga tak jauh dari Pelabuhan Muaro sehingga dapat mempermudah wisatawan yang hendak berlibur ke Mentawai. Sejumlah hotel berbintang juga tak jauh dari Stasiun Pulau Aie sehingga dapat memperlancar akses bagi wisatawan yang hendak menuju Bandara Internasional Minangkabau. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

×