PT KAI Divre III Palembang Ujicobakan Lokomotif CC202 di Petak Lahat-Bungamas

Lokomotif CC20229
Lokomotif CC20229 (CC2029014) saat berdinas sebagai KLB uji coba lintas Lahat-Bungamas | Foto: Faiz Fajar Ramyta – OPKA Sumsel

[12/2]. Pada hari Kamis, 11 Februari 2021 PT KAI Divre III Palembang mengujicobakan lokomotif CC202 untuk melalui petak jalan Lahat-Bungamas yang terletak di lintas Lahat-Lubuklinggau. Uji coba dilakukan dengan menggunakan lokomotif CC20229 (CC2029014) yang berangkat dari Lahat sekitar pukul 14.05 WIB dan kembali dari Bungamas sekitar pukul 15.00 WIB. Uji coba ini dilakukan untuk melihat kemampuan petak jalan Lahat-Bungamas sejauh 25 km yang telah ditingkatkan untuk dilalui lokomotif bertekanan gandar 18 ton seperti CC202.

Baca juga: Peningkatan Rel KA Lintas Lahat-Bungamas Memasuki Tahap Akhir

Selain mengujicoba petak jalan Lahat-Bungamas, uji coba ini juga dilakukan untuk melihat beberapa hal di petak jalan Lahat-Bungamas secara lebih spesifik. Salah satu rangkaian uji coba ini adalah mengecek ruang bebas di Terowongan Gunung Gajah. KLB uji coba sempat berhenti di mulut Terowongan Gunung Gajah untuk diukur dimensinya dan mengukur bagaimana selisih antara dimensi lokomotif dengan ruang bebas di terowongan. Karena sebelumnya, lokomotif CC202 belum pernah melalui lintasan ini. Ukuran lokomotif CC202 yang lebih besar daripada lokomotif CC201 dan CC204 yang rutin melalui lintasan Lahat-Bungamas dan Terowongan Gunung Gajah menjadi alasan mengapa terdapat rangkaian pengecekan ruang bebas di terowongan pada kegiatan uji coba.

KLB ujicoba ukur ruang bebas
KLB uji coba berhenti di mulut Terowongan Gunung Gajah untuk pengukuran selisih ruang bebas antara lokomotif CC202 dan terowongan | Foto: M Iqbal Setiawan – OPKA Sumsel

Uji coba ini berjalan lancar. Lokomotif CC20229 yang menjalani uji coba kembali ke Lahat dengan selamat. Apabila hasil pengukuran dan uji coba memuaskan, maka tidak menutup kemungkinan lokomotif bertekanan gandar 18 ton CC202 akan mulai merambah lintas Lahat-Lubuklinggau. Kemungkinan terbesarnya adalah perubahan rute test run lokomotif perawatan di Balai Yasa Lahat yang biasanya berjalan Lahat-Banjarsari pp ke petak jalan Lahat-Bungamas yang perka nya lebih sepi. (Richard Hermawan/OPKA Sumsel)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×