Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Berlanjut Sesuai Target

Proyek MRT Jakarta Fase 2A CP-201 yang dilakukan di kawasan Thamrin
Proyek MRT Jakarta Fase 2A CP201 yang dilakukan di kawasan Thamrin | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

[27/2] MRT Jakarta yakin proses pembangunan MRT Jakarta fase 2A berlanjut sesuai target. Pasalnya proses pembangunan paket CP201 yang meliputi antara Thamrin-Monas berjalan sesuai jadwal.

Mengutip rilis resmi MRT Jakarta, per 25 Februari 2021 perkembangan pembangunan telah mencapai 11,225%. Pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahapan pembangunan D-Walljet grout, dan king post untuk stasiun. Selain itu pos polisi yang direlokasi dari Jalan Merdeka Barat ke Jalan Merdeka Selatan, tepatnya di samping pintu masuk Monas jalan Silang Merdeka Barat Daya tengah dibangun.

Sementara itu, di Stasiun Thamrin juga dilakukan pekerjaan relokasi drainase dan juga persiapan peralatan pekerjaan pembangunan D-Wall seperti soil pit dan silo foundation. MRT Jakarta juga akan menyiapkan pusat informasi masyarakat di area pembangunan Stasiun Monas. Di pusat informasi masyarakat yang juga akan berfungsi sebagai pusat media ini, akan tersedia sejumlah maket MRT Jakarta fase 2, penemuan cagar budaya, dan video profil MRT Jakarta.

Menurut MRT Jakarta, Stasiun Thamrin akan menjadi stasiun MRT terpanjang, dengan panjang 410 meter. Stasiun ini memiliki struktur 2 lantai dan akan menjadi pertemuan dengan proyek MRT Jakarta Timur-Barat (East-West). Sementara Stasiun Monas terintegrasi dengan kawasan Taman Monas. Kedua stasiun ini direncanakan akan selesai pada 2025 mendatang.

Sebagai informasi proyek pengadaan untuk MRT Jakarta fase 2A saat ini dibagi dalam dua segmen, yaitu segmen 1 Bundaran HI-Harmoni dan segmen 2 Harmoni-Kota. Segmen 1 direncanakan akan selesai pada Maret 2025, sedang segmen 2 direncanakan akan selesai pada Agustus 2027. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×