Petak Kedunggedeh-Lemahabang Terendam Banjir, Perjalanan KA Terhambat

Jalur di petak antara Stasiun Kedunggedeh dan Lemahabang yang terendam air pada Minggu pagi | Foto: Twitter @masdidiek

[21/2] Perjalanan sebagian besar KA jarak jauh di Pulau Jawa hari ini terhambat setelah petak antara Stasiun Kedunggedeh dan Stasiun Lemahabang, Bekasi, Jawa Barat terendam banjir. Air juga mengakibatkan jalur menjadi gogos karena lapisan batu kricak dan tanah tergerus air.

Rel gogos sepanjang 2 km dari KM 54+000 sampai KM 56+000. Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek sejak semalam mengakibatkan kawasan ini terendam banjir. Tim regu jalan rel diturunkan untuk memperbaiki jalur yang gogos.

Akibatnya perjalanan KA jarak jauh dari dan menuju ke Jakarta terhambat karena lintas ini merupakan jalur utama KA keluar dan masuk Jakarta. Hingga berita ini diturunkan, sejumlah KA jarak jauh memotong relasinya ataupun dibatalkan.

Berdasarkan informasi dari media sosial resmi KAI, sejumlah KA dibatalkan yaitu KA Jatiluhur relasi Cikampek-Cikarang, KA Walahar Ekspres relasi Cikarang-Purwakarta pp, KA 43F Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir, KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, dan KA 320 Tegal Ekspres relasi Pasar Senen-Tegal.

Sementara itu menurut keterangan PT KAI Daop 1 ke media, seluruh KA dari Stasiun Pasar Senen batal, termasuk KA 292A Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari dan KA 130 Dharmawangsa relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.

Sedang KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi dan KA 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan pemberangkatannya dialihkan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Cikampek. Pengguna KA-KA tersebut disediakan bus dari Stasiun Gambir.

Pengguna KA 291A Bengawan dari Purwosari yang sempat tertahan di Kosambi telah diangkut bus dan mendapat service recovery.

Hingga berita ini diturunkan, perbaikan jalur masih dilakukan.(RED/BTS)

Update 22/2 03.40: Berdasarkan informasi resmi dari PT KAI, seluruh perjalanan KA jarak jauh dari Jakarta untuk tanggal 22 Februari masih dibatalkan.

Ralat 21/2 16.25: Stasiun Kedunggedeh dan Lemahabang berada di Bekasi dan bukan Karawang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

 

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: