Beginilah Bocoran Penataan Wilayah Sekitar Stasiun Gondangdia

Penataan Stasiun Gondangdia
Penataan trotoar di kawasan Jl. Srikaya | Foto: Pemprov DKI Jakarta via Detik

[14/3] Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai menata kawasan di sekitar Stasiun Gondangdia. Penataan dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna Commuter Line serta mengoptimalkan integrasi antar moda.

Pemprov DKI bahkan sudah merilis bocoran desain penataan via Detik yang akan dilakukan di sekitar Stasiun Gondangdia melalui media sosial resminya. Seperti apa jadinya kawasan Stasiun Gondangdia nantinya?

Di Jl. Srikaya 1 akan dilakukan penataan trotoar di kawasan sekitar stasiun. Pembangunan kawasan pedestrian akan dilakukan di Jl. Srikaya 2. Pedestrian plaza akan dibangun di simpang selatan. Selain pembanguna trotoar dan plaza pedestrian, juga akan dibangun jalur sepeda di sekitar kawasan stasiun.

Di kawasan simpang Jl. GSSJ Ratulangi akan dilakukan penataan di kawasan Taman Cut Meutia. Jalur sepeda dan pedestrian juga akan dibangun di kawasan ini. Tempat duduk akan dibangun di taman ini untuk warga.

Penataan di kawasan GSSJ Ratulangi dan Taman Cut Meutia | Foto: Pemprov DKI Jakarta via Detik

Area drop off dan pick up untuk transportasi online juga akan dibangun di kawasan selatan stasiun. Nantinya pengguna ojek online dan taksi online dapat melanjutkan perjalanan di sini. Shelter juga akan dibangun untuk pengemudi ojek online menunggu penumpang.

Area pick up dan drop off transportasi online yang akan dibangun di selatan Stasiun Gondangdia | Foto: Pemprov DKI Jakarta via Detik

Selain area pick up dan drop off untuk transportasi online, di plaza selatan juga akan dibangun halte untuk pengguna bus TransJakarta. Nantinya dari halte ini penumpang bisa melanjutkan perjalanan menuju Tanah Abang, Senen, dan Balaikota.

Halte bus yang nantinya akan dibangun sebagai titik integrasi dengan TransJakarta | Foto: Pemprov DKI Jakarta via Detik

Sementara untuk pedagang kaki lima yang biasa berjualan di sekitar Stasiun Gondangdia nantinya akan ditempatkan dalam satu kawasan plaza di mana akan tersedia pedestrian di dalam kawasan plaza tersebut.

Desain kawasan plaza untuk pedagang kaki lima | Foto: Pemprov DKI via Detik

Pemprov DKI Jakarta merencanakan kawasan terpadu di 9 stasiun yang dibangun di Jakarta. Saat ini sudah ada 4 kawasan terpadu yang dibangun di antaranya ada di Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, Stasiun Juanda, dan Stasiun Pasar Senen. Pembangunan kawasan terpadu saat ini juga tengah dilakukan di Stasiun Tebet.(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×