Berita KAIndonesia

Jalur KA Bandara YIA Beroperasi Agustus 2021 Mendatang

KA Bandara YIA
KA Bandara YIA saat berada di Stasiun Wojo | Foto: Kompas

[15/3] Jalur KA Bandara Yogyakarta (YIA) ditargetkan akan beroperasi pada bulan Agustus 2021 mendatang. Seperti dilansir dari situs Sekretariat Negara, saat ini pembangunan jalur layang antara Kedundang dan YIA per Maret 2021 sudah mencapai 83,6 persen.

Dengan progress pembangunan jalur layang seperti ini, ditargetkan jalur sudah rampung pada Juli mendatang. Setelah menjalani serangkaian uji coba selama sebulan jalur akan beroperasi pada Agustus mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan KA Bandara YIA merupakan bagian penting dari beroperasinya Bandara YIA karena diperlukan moda penghubung antara bandara dengan pusat Kota Yogyakarta.

Terlebih YIA merupakan bandara yang bisa didarati pesawat besar serta memiliki kapasitas yang besar juga. Budi mengatakan Bandara YIA dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun sehingga diperlukan penghubung yang baik dengan Kota Yogyakarta.

KA Bandara YIA direncanakan akan melayani rute Yogyakarta-YIA sejauh 40,23 kilometer dengan waktu tempuh hanya 45 menit saja. Rencananya akan ada 24 trip KA Bandara YIA dengan headway sekitar 30 menit sekali. Sebanyak 4 set KRDE akan dioperasikan sebagai sarana KA Bandara YIA.

Saat ini layanan KA Bandara YIA hanya sampai Stasiun Wojo di mana selanjutnya penumpang akan menggunakan moda lanjutan untuk menuju Bandara YIA.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×