12 Maret 2021, JR East Pensiunkan KRL Seri 185 Mereka

KRL seri 185 terakhir
KRL seri 185 saat dilepas di Stasiun Izu-Shimoda | Foto: Izukyu Group

[13/3] Dunia perkeretaapian Jepang sepertinya mengucapkan banyak ungkapan sayonara atau selamat tinggal kali ini. Tidak hanya lokomotif DD51 milik JR Freight, KRL seri 185 yang beberapa waktu ini hangat dibicarakan juga akhirnya pensiun.

Dilansir dari Tetsudo Shimbun, KRL seri 185 mengakhiri dinasnya dari layanan Odoriko yang menghubungkan antara Tokyo dengan Izu pada Jumat (12/3) kemarin. KA terakhir yang menggunakan KRL seri 185 dari Izu adalah Limited Express (ekspres) Odoriko 16 yang berangkat dari Izu-Shimoda ke Tokyo pukul 15.07. Pelepasan KRL seri 185 terakhir ini dihadiri oleh para karyawan Izukyu dan duta pariwisata “Omoshiro Ekichou” beserta spanduk terkait.

Spanduk pelepasan KRL seri 185
Pelepasan KRL seri 185 oleh pegawai Izukyu | Foto: Izukyu Group

KRL seri 185 ini sendiri telah aktif sejak 1981 lalu dan terkenal sebagai armada andalan KA ekspres Odoriko dan Shonan Liner. Selain itu, KRL ini sendiri juga dulu menjadi armada andalan KA fakultatif Moonlight Nagara yang telah berhenti beroperasi sejak 2020, namun baru resmi dipensiunkan awal 2021 kemarin.

Mulai Sabtu (13/3) layanan Odoriko akan seluruhnya menggunakan KRL seri E257 yang sebelumnya digunakan di layanan ekspres Azusa. KRL seri E257 sendiri sudah mulai berdinas sejak 2020 lalu di layanan Odoriko. Sedangkan layanan Sapphire Odoriko akan menggunakan KRL seri E261. (RED/IHF)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×