KAI Tambah Layanan Tes COVID-19 dengan GeNose C19 di Empat Stasiun

alat genose covid-19
Alat pendeteksi COVID-19 GeNose | Foto: FMIPA UGM

[1/3] Kabar baik bagi yang butuh bepergian dengan moda angkutan kereta api. PT KAI mulai Minggu (28/2) kemarin kembali menambah jumlah stasiun yang melayani tes GeNose C19.

Berdasarkan rilis resmi PT KAI, empat stasiun ini adalah Stasiun Purwokerto, Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng. Dengan ini jumlah stasiun yang melayani tes GeNose C19 bertambah menjadi 12. Sebelumnya pelayanan Genose C19 telah beroperasi di 8 stasiun. Kedelapan stasiun ini adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan penambahan stasiun yang melayani tes GeNose C19 ini merupakan dukungan atas syarat naik KA jarak jauh sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021. Rencananya PT KAI akan menambah stasiun yang melayani tes GeNose C19 hingga 44 stasiun.

KAI mengklaim masyarakat mengapresiasi kehadiran layanan tes COVID-19 dengan GeNose C19 ini. Sampai dengan 26 Februari 2021, Telah terdapat 84.794 calon pengguna KA jarak jauh yang mengambil tes GeNose C19 di stasiun. Rata-rata calon pengguna yang mengambil tes GeNose C19 di 8 stasiun yang menyediakan GeNose C19 dan tes cepat antigen mencapai 4.653 orang per hari. Sedangkan untuk tes cepat antigen hanya 683 orang per hari. Meskipun demikian, KAI tetap menyediakan layanan tes cepat antigen di 45 stasiun.

KAI mengimbau calon pengguna KA jarak jauh yang akan mengambil tes GeNose C19 untuk tidak merokok, makan, dan minum selama 30 menit sebelum tes. Hal ini untuk menjamin akurasi hasil tes GeNose C19 yang diambil. Hasil tes GeNose C19 berlaku selama 3×24 jam, kecuali untuk libur panjang atau libur keagamaan di mana hasil tes GeNose C19 berlaku selama 1×24 jam. Anak di bawah 5 tahun tidak wajib untuk mengambil tes GeNose C19. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: