PT KAI Bongkar Sebanyak 95 Bangunan Liar di Lintas Pasar Senen-Ancol

KLB penertiban bangunan liar Pasar Senen-Ancol
KLB penertiban bangunan liar Pasar Senen-Ancol dihela lokomotif CC2061386 | Foto: Maulana Malik

[20/3] Proses penertiban bangunan liar telah dilakukan oleh PT KAI pada Kamis (18/3) kemarin. Sebanyak 95 bangunan liar di lintas Pasar Senen-Ancol dibongkar dalam penertiban ini.

Dilansir dari Ayojakarta, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan penertiban dilakukan karena kondisi kanan-kiri jalur rel yang terdapat bangunan semipermanen yang dibangun warga ini dapat membahayakan perjalanan KA. Selain pembongkaran bangunan liar, PT KAI juga menutup akses liar menuju jalur KA yang telah dibuat oknum tidak bertanggungjawab.

Dalam proses pembongkaran ini PT KAI tampak menurunkan sebuah lokomotif CC206 bersama dengan 20 gerbong datar (GD). Penggunaan sarana kereta api dalam pembongkaran ini bertujuan untuk mempercepat proses penertiban dan mempermudah pengangkutan benda yang mengganggu di dekat jalur KA.

Eva memastikan proses penertiban dan penutupan akses berjalan tertib tanpa ada perlawanan warga. Pasalnya pihak PT KAI telah memberikan pemberitahuan secara persuasif. Selain penertiban, PT KAI juga memberi imbauan akan perlunya kesadaran mengikuti peraturan yang ada demi keselamatan bersama. Peraturan tersebut terdapat pada Undang-Undang no. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

PT KAI juga mengajak warga setempat untuk bekerja sama mewujudkan keselamatan perjalanan KA. PT KAI akan terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di dekat jalur KA. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: