Berita KAIndonesiaKereta Api

Rangka Jembatan Jalur Bandara YIA di atas Jalan Provinsi Telah Digeser

Rangka jembatan jalur Bandara YIA
Rangka jembatan jalur Bandara YIA saat sedang digeser | Foto: Sorot Kulonprogo

[31/3] Proses pembangunan jalur KA ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA-Yogyakarta International Airport) telah selangkah lebih maju. Pada Minggu (28/3) subuh, rangka jembatan untuk jalur KA Bandara YIA yang melintas di atas jalan provinsi di Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta selesai digeser.

Dilansir dari Sorot Kulonprogo, penggeseran rangka jembatan baja ini dilakukan dari Sabtu (27/3) malam pukul 22.00 hingga Minggu (28/3) subuh pukul 05.00. Rangka jembatan baja yang digeser ini memiliki panjang 46,5 meter, lebar 10 meter, dan berat 250 ton. Proses penggeseran ini dilakukan menggunakan launcher girder atau peluncur jembatan.

Pimpinan Produksi Pembangunan Jalur KA Bandara Paket I PT Istaka Catur Mina KSO, Taufik mengatakan kepada Sorot Kulonprogo dalam penggeseran ini tingkat keamanan menjadi perhatian ekstra. Pihaknya memastikan terlebih dahulu penyangga launcher girder mampu menyangga jembatan saat digeser. Selain itu, arus lalu lintas di jalan provinsi ini juga dialihkan.

Dilansir dari KR Jogja, kendaraan dari arah timur dialihkan ke selatan melalui simpang tiga Glagah dan masuk jalan lintas selatan (Jalan Daendels) ke underpass bandara. Sementara kendaraan dari arah barat dialihkan ke selatan dari simpang tiga Pangkalan Temon, lalu ke jalan lintas selatan dan ke underpass bandara.

Penggeseran ini sendiri merupakan tahap kedua setelah pada Selasa (23/3) lalu telah dilakukan uji coba pemasangan girder launcher. Sedangkan progres pembangunan jalur KA Bandara YIA paket I mencapai 91%, dan secara keseluruhan mencapai 84%. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×