Berita KAIndonesiaKereta Api

Struktur Layang Terpanjang Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tersambung

Struktur terpanjang KCJB
Struktur layang terpanjang proyek KCIC di jembatan Grand Wisata | Foto: Kompas

[15/3] Pada 12 Maret kemarin PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) membuahkan kemajuan signifikan. Pasalnya mereka baru saja menuntaskan struktur layang terpanjang pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ini.

Dilansir dari Kompas, struktur ini berada di Km 21+156 tol Jakarta-Cikampek sisi arah Jakarta. Struktur layang bertipe continous beam ini dinilai kritis karena memiliki tingkat kesulitan tinggi dan menjadi konstruksi terpanjang di proyek KCJB. Jembatan sepanjang 2,7 km ini dibuat melintasi jembatan cable stayed Grand Wisata yang membentang di atas jalan akses tol Jakarta-Cikampek.

Sementara itu tinggi dari bagian bawah box girder ke jembatan cable stayed ini hanya 4,47 meter. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian dan sinkronisasi desain yang tepat untuk memastikan keamanan dan kualitas pekerjaan. Sekitar 140 pekerja dilibatkan dalam proyek ini.

Corporate Secretary KCIC Mirza Soraya mengatakan pencapaian ini merepresentasikan kualitas dan ketelitian pekerjaan pembangunan trase KCJB. Nantinya, struktur layang ini akan dilewati transporter dan launcher beam untuk  distribusi dan instalasi box girder proyek KCJB. Box girder ini berasal dari casting yard #1 di Cikarang ke arah Jakarta.

Konstruksi proyek KCJB ini sendiri ditargetkan akan selesai pada akhir 2021 mendatang. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×