Berita KAIndonesiaKereta Api

15 Maret, Truk Pengangkut Rel Kereta Cepat Diujicobakan di Jalan Tol

Ilustrasi jalan tol
Ilustrasi jalan tol | Foto: Kompas

[15/3] Senin (15/3) ini PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) melakukan uji coba truk pengangkut rel proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di sejumlah ruas tol Jakarta-Bandung.

Dilansir dari Tempo, uji coba truk pengangkut rel R60 sepanjang 50 meter ini akan melintasi sejumlah ruas tol. Di antaranya adalah Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road/Lingkar Luar (JORR) Seksi E3 dan E2 (Rorotan – Cikunir), Jakarta – Cikampek, Cikampek – Padalarang (Cipularang), dan Padalarang – Cileunyi (Padaleunyi). Proses uji coba dimulai sekitar pukul 05.00 pagi.

Jenis truk pengangkut rel R60 ini adalah multi-axle trailer dengan 32 as. Dalam uji coba ini truk yang tidak bermuatan ini akan dikawal oleh empat kendaraan lainnya. Kendaraan tersebut adalah mobil storing, mobil pengawal, prime mover, dan mobil patwal.

Berdasarkan keterangan Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head Bagus Cahya, truk pengangkut rel R60 ini memulai perjalanan dari Dermaga 114/115 Pelabuhan Tanjung Priok. Kemudian perjalanan berlanjut ke Jalan Tol JORR Seksi E2 dan E3, lalu masuk ke tol Jakarta-Cikampek dari Simpang Susun Cikunir. Kemudian perjalanan ini berlanjut ke tol Cipularang dan Padaleunyi.

Di Tol Padaleunyi, kendaraan akan berputar balik di gerbang tol Cileunyi untuk kembali ke arah Jakarta. Selanjutnya truk akan berhenti di jalan akses Tegalluar di Km 150+200. Diperkirakan rombongan truk pengangkut ini akan tiba sekitar pukul 12.30 WIB.

PT Jasa Marga selaku operator jalan tol pun mengimbau pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan dari uji coba truk angkutan rel ini. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×